JATENGPOS.CO.ID, SEMARANG – Ketua Umum Keluarga Alumni Perikanan Undip (Kerapu) periode 2017-2022 Abdul Kadir Karding ingin para lulusan ilmu perikanan mendapat tempat yang selayaknya di dunia kerja. Sebab merekalah yang paling memiliki otoritas dalam mengelola kekayaan maritim Indonesia.

“Kunci kemajuan maritim Indonesia ada di tangan para alumni perikanan. Dan Kerapu akan memperjuangkan alumni untuk bisa mendapatkan kesempatan itu,” kata Karding dalam pidato pengukuhannya sebagai Ketua Umum Kerapu periode 2017-2022 di Aula Fakultas Perikanan Undip Semarang, Sabtu (10/11).

Anggota DPR RI Fraksi PKB ini mengatakan eksistensi Kerapu sebagai sebuah organisasi ada di tangan para anggotanya. Ia mengajak para anggota Kerapu aktif menginisiasi berbagai kegiatan bertema maritim. Seperti memperkuat soliditas antaranggota dan pengurus, membentuk struktur kepengurusan di daerah-daerah yang memiliki potensi maritim,  hingga menggelar berbagai kajian yang terkait dengan pemecahan persoalan dunia maritim. “Hasil-hasil kajian itu nantinya bisa kita jadikan rekomendasi kepada para pemangku kepentingan baik pemerintah maupun dunia usaha,” katanya.

Lebih dari itu, Karding juga berharap agar alumni Perikanan Universitas Diponegoro bisa berkontribusi positif terhadap upaya memajukan dunia perikanan dan kemaritiman di Tanah Air.  Dari segi kualitas sebetulnya tidak kalah dengan kampus lain.

“Saya mengajak seluruh keluarga besar alumni Jurusan Ilmu Perikanan Undip untuk ikut berperan dalam mendorong Indonesia menjadi pusat maritim dunia,” tegas Karding.

Dia mengatakan Indonesia merupakan negara kepulauan dengan garis pantai terpanjang kedua di dunia. Namun sayangnya potensi besar itu belum termanfaatkan secara optimal. “Harus diakui daya saing di sektor perikanan dan kemaritiman kita masih kalah dibandingkan dengan negara-negara lain, bahkan di ASEAN,” ujarnya.

Sekretaris Jendral DPP PKB ini optimistis peluang menjadikan Indonesia negara maritim nomor satu dunia masih sangat terbuka lebar. Hal ini karena menurut Karding sejumlah pemimpin di Indonesia mulai dari Gus Dur hingga Presiden Joko Widodo dengan program nawacitanya.

Kardin terpilih menjadi ketua umum Kerapu melalui Musyawarah Nasional (Munas) III di Gedung BBPPI Semarang, Jawa Tengah, Sabtu 16 September 2017. Ia dipilih karena memiliki pengalaman dalam mengelola organisasi dari sejak mahasiswa hingga sekarang.  (saf/mg8)