Beranda Jateng Kerapu Dorong Pemerintah Pacu Poros Maritim

Kerapu Dorong Pemerintah Pacu Poros Maritim

45
BERBAGI
Pendiri Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Undip Prof Lachmudin Syarani (ketiga dari kanan) memotong tumpeng untuk diserahkan kepada Sekda Jateng Dr Sri Puryono (kedua dari kiri) pada acara Tasyakuran Dies 50 FPIK Undip di Auditorium FIPK Undip, Senin (8/10).ist

JATENGPOS.CO.ID, SEMARANG -Sektor perikanan memiliki potensi yang sangat besar untuk menunjang perekonomian Indonesia. Pemerintah harus terus didorong agar mengutamakan hasil penelitian dalam mengambil kebijakan.

”Saat ini pemerintah harus memacu perbaikan konsep kemaritiman,” jelas Ketua Umum Keluarga Alumni Perikanan Undip (Kerapu) Abdul Kadir Karding, Senin (8/10) di sela Tasyakuran Dies ke-50 Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan di Auditorium FPIK Undip Tembalang.

Menurutnya, sektor perikanan  juga menunjang perekonomian nelayan. Pemerintah juga tengah memperhatikan sektor tersebut. Apalagi, ditunjang dengan sumber daya lautnya yang melimpah.

”Pantai Indonesia termasuk terpanjang ke dua di dunia. Bayangkan, banyak sekali yang bisa dikelola di dalamnya,” jelasnya.

Meski begitu, harus ada upaya memperbaiki konsep kemaritiman terus menerus. Termasuk dalam eksploitasi perikanan, tangkap, dan pascapanen. Sehingga bisa dijual, lewat ekspor dan memberi peningkatan perekonomian nelayan.

”Pemerintah juga melakukan pendampingan produksi olehan ikan dengan variasi bermacam-macam. Diantaranya, diversifikasi pengolahan produk olahan perikanan dan manajemen perdagangan. Diversifikasi hasil komoditas perikanan sangat mudah rusak, jika dalam waktu lama. Oleh karena itu, bagaimana menjaga hasi perikanan tetap segar.

Hadir dalam Tasyakuran tersebut Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah Sri Puryono yang juga alumni FPIK Undip. Sri Puryono merupakan mahasiswa pertama doktoral Ilmu Perikanan.

Dalam sambutannya Sekda mendukung konsep poros maritim yang digagas Kerapu. Menurutnya, alumni merupakan potensi yang strategis dalam memberikan masukan kepada pemerintah. “Saya sangat mendukung konsep poros maritim ini apalagi Presiden juga pernah menyampaikan perhatian yang besar tentang hal tersebut,” ungkapnya.

Hadir dalam acara Tasyakuran Pembantu Rektor I Muhammad Zaenuri, pendiri Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Prof Lachmudin Syarani, serta sejumlah pimpinan di jajaran Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Undip.

Ketua Panitia Dr Herry Busono mengungkapkan, serangkaian acara sudah dipersiapkan dalam Dies Emas kali ini. Puncak acara akan dilangsungkan pada 13 Oktober mendatang dengan menghadirkan sejumlah kemeriahan yang akan digelar di Lapangan Widya Puraya Undip.