Beranda Travelling Wisata Kerjasama Promosi Tingkatkan Kunjungan Wisatawan

Kerjasama Promosi Tingkatkan Kunjungan Wisatawan

55
BERBAGI
KERJASAMA : Kadispar Gunungkidul Asri Wijayanti bertukar cinderamata kepada Kabid Pemasaran Disbudpar Kota Semarang Eka Kriswati, usai Dialog Wisata di Hotel Aston Inn Semarang. Foto : DWI SAMBODO/JATENG POS.
KERJASAMA : Kadispar Gunungkidul Asri Wijayanti bertukar cinderamata kepada Kabid Pemasaran Disbudpar Kota Semarang Eka Kriswati, usai Dialog Wisata di Hotel Aston Inn Semarang. Foto : DWI SAMBODO/JATENG POS.

JATENGPOS.CO.ID, SEMARANG – Menjalin kerjasama promosi, Kabupaten Gunungkidul bersama Pemerintah Kota Semarang, diharap bisa saling meningkatkan kunjungan dan pendapatan daerah bidang pariwisata alam dan non alam.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Pariwisata Gunungkidul Asri Wijayanti. Menurutnya, pihaknya sedang menjajaki kerjasama pasar wisatawan dari Kota Semarang.

“Pasar Semarang sendiri dinilai sangat penting dan punya potensi besar sebagai wisatawan domestik untuk datang ke Gunungkidul yang mengandalkan wisata alam seperti pantai, goa, serta gunung,” terangnya, dalam sesi dialog wisata, di Aston Inn Hotel Semarang, belum lama ini.

Dijelaskan, pihaknya mengajak sekurangnya 25 travel agent dari Semarang untuk ikut memasarkan potensi wisata Gunungkidul. Selama ini masyarakat memang diakui hanya mengenal wisata pantai seperti Pantai Baron, Pantai Kukup, Pantai Drini dan Pantai Sepanjang, terlebih wilayah Gunungkidul sendiri saat ini memiliki 26 titik pantai yang telah dijadikan obyek wisata oleh Dinas Pariwisata dari 102 pantai yang ada.

 “Tahun lalu ada 7 ribu wisatawan asing, kami harap kerjasama ini dan masuknya daerah kami sebagai Gunungsewu Unesco Global Geopark bisa membantu mendatangkan turis mancanegara,” harapnya.

Senada, Kabid Pemasaran Disbudpar Kota Semarang Eka Kriswati menambahkan, kerjasama promosi pariwisata lokal antar daerah ini, perlu ditingkatkan untuk meningkatkan kunjungan wisatawan lokal ataupun manca negara.

 “Kontribusi kunjungan dari Jogjakarta cukup besar, kerjasama ini bisa dibilang saling menguntungkan kedua belah pihak untuk menjual potensi yang ada di daerah masing-masing serta menambah kunjungan wisata,” jelasnya.

kerjasama yang dikemas dalam dialog wisata tersebut, juga di paparkan keunggulan masing-masing destinasi wisata. Gunungkidul lebih menitik beratkan promosi wisata alam pantai, gunung serta desa unggulan, dan Semarang sebagai Kota wisata heritage dan modern dengan ragam kultur budaya. (ucl)

BERBAGI