Beranda Jateng Klaten Siagakan 64 Ambulans Selama Mudik

Klaten Siagakan 64 Ambulans Selama Mudik

BERBAGI
Mobil ambulans yang disiagakan selama arus mudik dan arus balik lebaran. (Foto: Cahya Indrawan/Jatengpos)
JATENGPOS.CO.ID, KLATEN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten menyiagakan 64 unit mobil ambulans untuk layanan kesehatan selama arus mudik dan balik Lebaran 2018. Persiapan itu ditandai dengan Apel Siaga Ambulans di kompleks Pemkab Klaten, Jumat (8/6).
“Sebanyak 64 ambulans yang disiagakan ini berasal dari puskesmas-puskesmas se-Klaten, rumah sakit (RS), hingga klinik kesehatan. Keberadaannya bukan dalam rangka layanan lebaran 2018 saja, tetapi termasuk backup apabila terjadi erupsi Merapi sewaktu – waktu,” kata Sekretaris Daerah (Sekda) Klaten Jaka Sawaldi.
Dalam apel tersebut, pihaknya mengecek kelengkapan sarana dan prasarana dalam isi ambulans. Di antaranya, terpasangnya alat pemadam api ringan (APAR), fungsi sirine, dragbar, hingga ketersediaan P3K maupun obat-obatan.
“Dilihat dari segi kelayakan, seluruhnya sudah layak jalan. Namun ada beberapa masukan seperti kondisi ban yang ternyata gundul. Kami minta sebelum beroperasi semuanya sudah beres,” sebutnya.
Sedangkan Pelaksana Tugas (Plt) Dinas Kesehatan (Dinkes) Klaten Cahyono Widodo menambahkan, pihaknya menyiapkan enam titik posko kesehatan. Meliputi, posko Prambanan, terminal Ir Soekarno, Alun-Alun Klaten, persimpangan Jonggrangan (Masjid Agung Al Aqsha), sub terminal Penggung Kecamatan Ceper, dan sub terminal Karang Kecamatan Delanggu.
“Petugas kesehatan akan berjaga di posko selama tiga shift sehari. Tiap shift ada empat petugas terdiri dari satu dokter, dua perawat, dan satu pengemudi ambulans. Selain membantu pelayanan darurat, posko juga siap mengantar dan memberi rujukan ke RS terdekat,” imbuhnya.(hfd/aya)
BERBAGI