Beranda Jateng Banyumas Korban Tenggelam di Galian Pasir Ditemukan, Begini Keadaannya

Korban Tenggelam di Galian Pasir Ditemukan, Begini Keadaannya

54
BERBAGI

JATENGPOS.CO.ID. BANJARNEGARA- Setelah sehari sejak diketahui tenggelam, jenasah korban tenggelam di danau bekas galian pasir putih kompleks Depo Pasir Saga, Desa Wanadri, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, akhirnya ditemukan. Bagaimana kedaaannya?

“Jenazah Afif Arifudin (21), warga Dusun Krajan RT 03 RW 01, Desa Wanadri, Kecamatan Bawang, Banjarnegara, ditemukan pada pukul 08.10 WIB setelah dilakukan penyelaman oleh dua personel Basarnas Pos SAR Cilacap yang didukung dengan perahu karet TRC BPBD Banjarnegara,” kata Koordinator Tim Reaksi Cepat Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Banjarnegara Andri Sulistyo di Banjarnegara, Rabu (6/12/2017).

Setelah dievakuasi dari danau yang dilanjutkan dengan identifikasi oleh personel Polres Banjarnegara dan Puskesmas II Bawang, kata dia, jenazah Afif diserahkan kepada keluarga korban untuk dipulangkan ke rumah duka.

Ia mengatakan jika sejak Selasa (5/12/2017) malam atau pasca-operasi pencarian korban dihentikan untuk sementara, pihaknya berusaha menyedot air dari danau seluas 424 meter persegi itu.
Akan tetapi, lanjut dia, upaya penyedotan itu tidak membuahkan hasil maksimal karena airnya hanya surut sekitar 15 centimeter dari kedalaman yang berkisar 5-7 meter.

“Oleh karena itu, saat kami memulai kembali operasi pencarian korban pada pukul 07.00 WIB, tim dari Basarnas memutuskan untuk melakukan penyelaman di titik terakhir korban tenggelam, yakni di tengah danau. Setelah dilakukan penyelaman selama 30 menit, jenazah korban berhasil ditemukan,” kata dia yang juga Kepala Seksi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Banjarnegara.

Afif Arifudin yang berprofesi sebagai sopir truk diketahui mandi di danau bekas galian pasir, kompleks Depo Pasir Saga, Dusun Kemantulan III RT 01 RW 06, Desa Wanadri, pada hari Selasa (5/12), sekitar pukul 15.00 WIB.

Hanya saja nasib kurang beruntung tidak berpihak padanya. Saat berada di tengah danau, korban diduga mengalami kram hingga akhirnya tenggelam. Rekan korban bernama Afif sempat berusaha memberi pertolongan namun tidak membuahkan hasil. (ant/muz)