Beranda Jateng Banyumas KPU Kabupaten Banjarnegara Lakukan Pemutakhiran Daftar Pemilih Berkelanjutan

KPU Kabupaten Banjarnegara Lakukan Pemutakhiran Daftar Pemilih Berkelanjutan

10
Komisioner KPU Banjarnegara.

JATENGPOS.CO.ID, BANJARNEGARA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banjarnegara, Jawa Tengah melakukan pemutakhiran daftar pemilih berkelanjutan guna memperoleh data yang akurat dan komprehensif.

“Meski di Banjarnegara tidak ada gelaran pemilihan di tahun 2020 ini, namun KPU Kabupaten Banjarnegara tetap melaksanakan pemutakhiran daftar pemilih berkelanjutan,” kata Ketua KPU Kabupaten Banjarnegara, Bambang Puji Prasetya di Banjarnegara, Rabu.

Dia menjelaskan pemutakhiran daftar pemilih berkelanjutan adalah proses memperbaharui data pemilih guna memudahkan proses pendataan pada pemilu atau pemilihan selanjutnya.

Pemutakhiran daftar pemilih berkelanjutan, tambah dia, dapat didefinisikan juga sebagai proses pengumpulan data perubahan melalui lembaga atau badan, melalui koordinasi dan kerja sama secara langsung dari masyarakat.

Sementara itu komisioner KPU Kabupaten Banjarnegara Divisi Data dan Informasi, Uji Suroso menambahkan kegiatan tersebut juga bertujuan untuk pemeliharaan data pemilih secara berkelanjutan, mengkoordinasikan data dengan dinas terkait serta untuk memperbaharui data pemilih.

“Kegiatan ini berlangsung secara berkala sepanjang tahun. Adapun untuk tingkat kabupaten dilaksanakan rapat pleno rekapitulasi daftar pemilih berkelanjutan setiap sebulan sekali,” katanya.

Dia menambahkan pemutakhiran data ini terkait penduduk yang pindah datang, pemilih pemula, perubahan identitas, perubahan status pekerjaan TNI/Polri serta perubahan alamat dan data kematian.

“Oleh karena itu kami berharap masyarakat aktif memberikan laporan terkait hal tersebut kepada kami untuk kepentingan pemutakhiran data pemilih berkelanjutan,” katanya.

Dia menambahkan pelaporan secara daring dapat dilakukan melalui formulir tanggapan pada website KPU Banjarnegara dan akun resmi media sosial KPU Kabupaten Banjarnegara. (fid/ant)