Beranda Jateng KPU Pekalongan Gandeng Komunitas Peduli Lingkungan Sosialisasikan Pemilu

KPU Pekalongan Gandeng Komunitas Peduli Lingkungan Sosialisasikan Pemilu

89

JATENGPOS.CO.ID, Pekalongan – Komisi Pemilihan Umum Kota Pekalongan, Jawa Tengah, menggandeng komunitas peduli lingkungan setempat untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat tentang pentingnya partisipasi pemilih pada pelaksanaan Pemilihan Umum 2019.

Komisioner KPU Kota Pekalongan Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat Fajar Randi Yogananda di Pekalongan, Jumat, mengatakan kegiatan sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan edukasi terkait pelaksanaan Pemilu 2019.

“Hari ini, kami bersama relawan demokrasi 11 basis, salah satunya di basis komunitas. Tujuan keguatan ini mendekatkan relawan kepada pemilih khususnya basis komunitas peduli tentang lingkungan,” katanya.

Pada kesempatan itu, Fajar menyampaikan kategori pemilih dibedakan menjadi tiga jenis yaitu daftar pemilih tetap (DPT) adalah seseorang yang sudah terdaftar pada daftar pemilih tetap yang dapat dicek melalui online https://lindungihakpilihmu.kpu.go.id/. “Silakan masukkan nama anda dan nomor induk kependudukan (NIK) sehingga akan tercantum dan terdaftar di TPS,” katanya.

Kemudian, kata dia, daftar pemilih tambahan (DPTb) adalah seseorang yang ingin memilih tidak sesuai dengan DPT-nya tetapi bisa menjadi pemilih DPTb dengan syarat harus mengurus A5.

Ia mengatakan selain DPT dan DPTb juga terdapat daftar pemilih khusus yaitu apabila seseorang yang telah memiliki kartu tanda penduduk (KTP) elektronik namun yang bersangkutan belum terdaftar di DPT. “Seseorang tersebut tetap bisa memilih namun sesuai dengan alamat asal, sesuai dengan KTP-nya. Hanya dibedakan dalam waktu memilihnya yaitu pukul 12.00 WIB-13.00 WIB dengan memperhatikan sisa surat suara di TPS,” katanya. (udi/fid)