Beranda Jateng Pantura Timur KPU Rembang Mulai Menyortir Surat Suara Pilkada

KPU Rembang Mulai Menyortir Surat Suara Pilkada

7

JATENGPOS.CO.ID, REMBANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Rembang, Jawa Tengah, mulai menyortir dan melipat surat suara Pilkada Rembang 2020 dengan melibatkan puluhan pekerja.

“Jumlah pekerja yang dilibatkan sebanyak 50 orang,” kata Ketua KPU Kabupaten Rembang M. Ika Iqbal di Rembang, Kamis.

Ia mengungkapkan sortir dan pelipatan surat suara Pilkada Rembang 2020 tersebut dimulai tanggal 16 hingga 20 November 2020.

Jumlah surat suara yang disortir sesuai dengan jumlah daftar pemilih tetap (DPT) sebanyak sebanyak 490.697 pemilih ditambah surat suara tambahan 2,5 persen dari jumlah daftar pemilih tetap (DPT) di setiap tempat pemungutan suara (TPS).

Karena masih masa pandemik COVID-19, maka pelipatan dan sortir surat suara tetap mematuhi protokol kesehatan.

“Sebelum masuk ke tempat pelipatan dan sortir, wajib cuci tangan pakai sabun serta memakai masker,” ujarnya.

Selain itu, lanjut dia, mereka juga dibuat berjarak agar tidak berkerumun guna menghindari penyebaran virus Corona.

Setelah pelipatan dan penyortiran selesai, KPU Rembang akan melanjutkan dengan proses pengepakan surat suara untuk didistribusikan ke masing-masing TPS yang tersebar di 294 desa.

Distribusi surat suara maupun logistik Pilkada lainnya ke Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Pilkada, dijadwalkan sepekan sebelum pelaksanaan pemungutan suara untuk Pilkada Rembang yang dijadwalkan pada 9 Desember 2020.

Adapun jumlah pemililih dalam DPT Pilkada Rembang 2020 sebanyak 490.697 pemilih, meliputi laki-laki sebanyak 244.074 pemilih dan perempuan sebanyak 246.613 pemilih yang tersebar di 1.365 tempat pemungutan suara (TPS) yang tersebar di 294 desa. (fid/ant)