Beranda Jateng Pantura Timur Kudus Meraih KIP Awards

Kudus Meraih KIP Awards

BERBAGI
Kepala Diskominfo Kudus Kholid Seif menerima penghargaan KIP Award 2017 di Wisma Perdamaian Semarang. FOTO: DISKOMINFO KUDUS/JATENGPOS.CO.ID

JATENGPOS.CO.ID,KUDUS –  Memasuki penghujung tahun 2017 yang tinggal sebulan lagi, Pemkab Kudus  menambah daftar penghargaan yg diterimanya kembali. Kali ini penghargaan datang dari Komisi Informasi  Publik (KIP) Jawa Tengah.

Kabupaten Kudus menjadi salah satu pemerintah daerah di Jawa Tengah,  yang dinilai memiliki tata kelola informasi publik yang baik. Kota Kretek menempati posisi ketiga, setelah Kabupaten Pekalongan dan Kota Magelang.

Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Drs. Kholid Seif selaku Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kudus, saat  malam penganugerahan KIP awards 2017 di Wisma Perdamaian Semarang Sabtu (24/11) lalu.

Kholid pun mengaku bangga atas penghargaan yang diterimanya kali ini. Penghargaan tersebut tentunya tak lepas dari peran dan dukungan banyak pihak. Salah satunya dari Bupati Kudus, Sekretaris Daerah, para pimpinan OPD di lingkup pemkab  setempat.

“Kerjasama yang telah diberikan mulai dari penyediaan data informasi saat tahapan penilaian di daerah, hingga supportnya  pada saat presentasi akhir di tingkat provinsi,”ujar Kholid.

Sebelumnya, secara umum ada tiga tahapan yang harus dilalui untuk bisa meraih KIP Award tersebut.  Pertama yakni tahap SAQ (Self Assessment Questionere), yaitu tahap pengisian data dan informasi yang merupakan indikator keterbukaan informasi yang dimiliki oleh badan publik.

Jika lolos tahap ini, maka akan masuk ke tahap kedua,yaitu verifikasi langsung dari Komisi Informasi Jawa Tengah. Pada tahapan ini, Kudus dinyatakan lolos setelah KIP mengecek kesesuaian SAQ dengan data dukung yang dimiliki.

Akhirnya, bersama sembilan kabupaten dan kota lainnya di jawa Tengah, Kudus melangkah ke tahapan penilaian akhir yang digelar di Diskominfo Jateng.  Pada tahapan ini, Bupati Kudus Musthofa menyampaikan paparannya langsung di depan tim penilai yang salah satunya merupakan staf khusus Kepresidenan.

Tahapan tersebut akhirnya berhasil mengantarkan Kabupaten Kudus meraih posisi ke tiga dengan nilai 90,9.  “Capaian ini harus disyukuri.Namun,kita harus selalu berupaya agar waktu mendatang bisa naik peringkat menjadi yang terbaik,”pungkasnya.(han/rif)