Beranda Jateng Kuliner Khas Batang Ramaikan Minggon Jatinan

Kuliner Khas Batang Ramaikan Minggon Jatinan

BERBAGI
Bupati Batang H Wihaji dan istrinya hadir saat Minggon Jatinan untuk menggairahkan kuliner tradisional di Hutan Kota Batang. Foto:edo sulihun/Pantura pos

JATENGPOS.CO.ID. BATANG- Guna melestarikan makanan khas tradisonal Batang dan menghidupkan geliat usaha kecil menengah, Pemkab Batang menggelar Minggon Jatinan di Hutan Kota Rajawali Batang. Masyarakat pun tampak antusias mengunjungi Minggon Jatinan pada Minggu (22/4).

Mereka melihat aneka makanan tradisonal khas tradisional yang selama ini sudah mulai langka. Alhasil, baru berapa jam di buka, aneka cemilan jajanan ludes terjual. “Minggon Jatinan ini untuk menggairahkan kuliner tradisinal yang sudah mulai punah,”ucap Bupati Batang H Wihaji usai membuka Minggon Jatinan.

Bupati yang hadir bersama istrinya, berharap ada inovasi dan kreativitas penyajian makanan tradisonal. Misalnya, kemasan yang bagus, tanpa harus meninggalakan kekhasanya yang alami. Minggon Jatinan bisa jadi daya tarik masyarakat Kabupaten Batang maupun luar daerah sebagai destinasi makanan khas Batang.

“Ini juga mendukung program tahun kunjungan wisata 2022 sebagai surganya Asia,” harap Wihaji seraya mencicipi minuman dan jajanan khas Batang itu.

Minggon Jatainan sengaja dihelat PKK Batang di Hutan Kota Rajawali yang teduh dengan ratusan pohon jati. Uniknya, untuk membeli aneka jajanan, minuman maupun busana menggunakan koin tradisonal atau kreweng seharga dua ribu per biji. Disitu, masyarakat diajak back to nature .

Ada pertunjukan dolanan seperti Bakyak, enggarang, gangsing dan segal jenis mainan anak tradisonal, aspek hiburan rakyat dengan musik calung. Sedikitnya ada 27 jenis makanan yang disajikan di lncak – lincak seperti pecel – pecelan, godog – godogan, minuman jamu, kopi, nasi liwet yang sangit, nasi jagung, serabi Kalibeluk yang di kemas secara tradisional.

Semua makanan dan minuman yang disajikan dijamin halal. Rencananya, gelaran ini akan rutin tiap pekan Minggu mulai pukul 06.00 sampai pukul 12.00. (edo/dik/muz)

BERBAGI