Beranda Pilkada Serentak 2018 Kurun Waktu 3 Bulan, Bawaslu Jateng Awasi 2.418 Kampanye

Kurun Waktu 3 Bulan, Bawaslu Jateng Awasi 2.418 Kampanye

328
BERBAGI

JATENGPOS.CO.ID, SEMARANG – Sepanjang September hingga Desember 2018 Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jateng telah melakukan pengawasan sebanyak 2.418 kampanye.

Dikatakan oleh Ketua Bawaslu Jateng, Fajar Subhi, selama 3,5 bulan itu, baik Bawaslu Provinsi Jawa Tengah, Bawaslu kabupaten/kota, Panwas tKecamatan telah turun ke lapangan untuk melakukan pengawasan kegiatan-kegiatan kampanye yang dilakukan para peserta pemilu.

“Dari ribuan pengawasan itu, pengawasan kampanye pertemuan terbatas sebanyak 1.359, kampanye pertemuan tatap muka 768, kampanye pertemuan kegiatan lain 291,” ujarnya.

Selanjutnya, ia mengatakan Bawaslu Jawa Tengah telah melakukan, kegiatan pengawasan secara lebih meluas karena data pengawasan yang dimasukan itu hanya pengawasan di kegiatan kampanye yang mengantongi izin kampanye.

“Padahal, kami sudah melakukan pengawasan kegiatan-kegiatan peserta pemilu yang lain, yang bukan kegiatan kampanye. Misalnya, kegiatan seorang calon kepala daerah, terkadang juga harus diawasi oleh Bawaslu guna mencegah terjadinya pelanggaran dalam kegiatan tersebut,” bebernya.

Dalam masa kampanye, Bawaslu memiliki tagline: “cegah, awasi dan tindak”. Segala potensi pelanggaran akan dilakukan pencegahan agar tidak terjadi pelanggaran.

Selanjutnya, ia mengatakan setiap kegiatan peserta pemilu juga akan dilakukan pengawasan secara melekat. Fid/ntan

BERBAGI