Beranda Edukasi Lagi, KLG dan Jateng Pos Genjot PKB Guru

Lagi, KLG dan Jateng Pos Genjot PKB Guru

18
ANTUSIAS: Ratusan guru Jawa Tengah Antusias mengikuti webinar pengembengan keprofesionalan berkelanjutan oleh KLG dan Jateng Pos. Foto: tukijo for jateng pos

JATENGPOS.CO.ID, SEMARANG – Upaya pengembangan keprofesionalan berkelanjutan (PKB) guru harus terus digenjot. Untuk itu, Kelas Literasi Guru (KLG) Jateng kerjasama Jateng Pos dan FPBS UPGRIS kembali mengadakan pelatihan penulisan buku secara daring melalui Teams mulai Sabtu(21-25/11).

Pembukaan pelatihan oleh Dekan FPBS UPGRIS Dr.Asropah M.Pd. Hadir pula para narasumber antara lain Alfiah,M.Pd, Bambang Sulanjari M.A, Dr.Prasetyo Utomo M
Pd, Tukijo dan Nur Rakhmat.

“FPBS UPGRIS telah kerjasama sejak 2018 dengan KLG Jateng dan Jateng Pos.Kegiatan dari KLG benar-benar nyata hasilnya sehingga banyak peserta yang tertarik.Harapan ke depan terus diadakan pelatihan baik artikel buku,maupun media,”ujar Asropah dalam sambutannya.

Sementara itu Tukijo ketua KLG Jateng memaparkan pelatihan buku tahap 3 menjadi momentum hari guru. Pelatihan diikuti 230 peserta dari semua jenjang.Peserta yang hadir juga dari Kepulauan Riau dan Kalimantan Tengah.

Materi pelatihan antara lain menangkap dan mengembangkan ide, ragam pengembangan paragraf, kutipan dan plagiarisme,penulisan buku fiksi dan penulisan buku non fiksi.

Lebih lanjut peserta juga diharapkan menyusun buku sehingga bisa terbit menjadi buku yang ber-ISBN dan layak baca.

Peserta pelatihan tampak antusias menyimak paparan. Interaksi dan tanya jawab selama sesi daring juga tak bisa dihindari.Pada paparan menangkap ide misalnya penulis harus mampu mengelola ide.Kemudian dikembangkan menjadi buku. (*/tukijo/jan)