Beranda Sekolah Hebat Opini Guru Langkah Cepat Kuasai Kosa Kata Bahasa Arab

Langkah Cepat Kuasai Kosa Kata Bahasa Arab

27
BERBAGI
Oleh : Nunung Nuryaningsih,S.Ag Guru MTs Ma’arif Kertek Kabupaten Wonosobo
Oleh : Nunung Nuryaningsih,S.Ag Guru MTs Ma’arif Kertek Kabupaten Wonosobo

WONOSOBO – Bahasa merupakan alat komonikasi yang sangat penting, dari bahasa, suatu kebudayaan dapat dibentuk, dikembangkan serta diturunkan kepada generasi generasi mendatang,  segala aspek dan bidang dituangkan lewat bahasa .

Bahasa juga memiliki banyak fungsi antara lain : untuk menyatakan ekspresi diri, sebagai alat komonikasi, sebagai alat untuk mengadakan integrasi dan adaptasi sosial, dan sebagai kontrol sosial.

Bahasa Arab merupakan salah satu mata pelajaran yang wajib diajarkan di Madrasah  di Bawah naungan Departemen Agama, juga di tingkat SLTP/SMP Swasta yang mencantumkan pelajaran Bahasa Arab sebagai salah satu  mata pelajaran yang harus dipelajari oleh siswa. Pada tingkat SLTP/ MTs,   Bahasa Arab diajarkan dari mulai kelas I MI  Hingga kelas XII MA.Bahasa Arab di MTs dan di MA  juga merupakan Mata Pelajaran yang diujikan dalam UAMBN ( Ujian Akhir Madrasah  Berstandar Nasional) yang berbasis komputer ataupun berbasis kertas dan pensil. Dalam pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah menggunakan 4 Maharah ( kemahiran) yaitu : Mahaarotul istima’i (kemahiran mendengarkan), Mukhadatsah (percakapan), Alqiraa’h (membaca), Alkitaabah (menulis). Ke-4 Maharah ini harus diajarkan dalam pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah. Keaktifan dan kreatifitas guru dalam mendampingi anak belajar Bahasa Arab sangatlah penting.

Oleh karena itu belajar Bahasa Arab menjadi sangat penting, dalam mempelajarinya diperlukan ketelatenan, kesungguhan  dan kedisiplinan. Belajar bahasa Arab tentu tidak akan lepas dari belajar kosa kata, semakin banyak kosa kata yang kita kuasai, maka akan semakin mahir dalam bertutur kata, terutama  bagi anak yang belum mengenal  Bahasa Arab  kemudian masuk di kelas VII  MTs, maka diperlukan langkah cepat menguasai kosa kata Bahasa Arab.

Langkah cepat kuasai Bahasa Arab berdasarkan pengalaman penulis dalam pembelajaran Bahasa Arab  antara lain : niatkan sungguh sungguh ingin belajar Bahasa Arab dengan bimbingan informasi dari guru betapa pentingnya belajar Bahasa Arab, tanamkan rasa suka atau sayang dengan pelajaran Bahasa Arab hindari rasa takut atau merasa sulit belajar Bahasa Arab, donlowd aplikasi kamus  Bahasa Arab, pelajari cara mengoprasikannya, tarjetkan jumlah kosa kata yang akan dikuasai, dicatat di buku saku,atau bisa ditulis ditempelkan di tempat belajar, dimulai dari kosa kata ringan dan tema  mudah yang  kita pakai sehari – hari,contoh kosa kata di rumah, di sekolah, kemudian diterapkan dalam percakapan sehari hari, dilakukan bertahab,kemudian melangkah ke kosa kata dengan tema yang lebih  luas, Tepis rasa malu apabila salah berbicara atau salah tata bahasa , perlu keberanian berbicara Bahasa Arab, belajar melalui lagu lagu berbahasa Arab, tulis dan terjemahkan, sesering mungkin menerjemah teks teks berbahasa Arab atau dari kitab dengan bimbingan guru atau ustadz dan jika mengalami kesulitan maka jangan segan atau malu bertanya kepada ahlinya.

Jadi dengan belajar langkah cepat kuasai kosa kata Bahasa Arab tersebut dapat membantu siswa dalam mempelajari mata pelajaran Bahasa Arab di Madrasah, meminimalisir ketakutan dan kesulitan anak belajar Bahasa Arab, mengurangi kebosanan siswa belajar Bahasa Arab, sehingga belajar Bahasa Arab lebih menyenangkan.

Oleh :

Nunung Nuryaningsih,S.Ag

Guru MTs Ma’arif Kertek,Kabupaten Wonosobo

 

BERBAGI