Beranda Internasional Layanan Kereta Api Jerman Lumpuh Akibat Topan Friedrike

Layanan Kereta Api Jerman Lumpuh Akibat Topan Friedrike

BERBAGI

JATENGPOS.CO.ID, JERMAN – Semua layanan kereta jarak-jauh di Jerman telah dibatalkan dan tiga orang meninggal akibat Topan “Friederike”, kata German Press Agency (DPA).

Topan “Friederike”, yang menerjang seluruh Jerman dari barat, adalah, menurut Dinas Cuaca Jerman, topan paling kuat sejak 2007. Topan tetersebut membawa angin kencang, hujan lebat dan salju tebal ke beberapa bagian Jerman pada Kamis (18/1), sehingga merenggut tiga korban jiwa.

Seorang pria yang berusia 50 tahun tewas akibat tertimpa pohon di dekat Emmrich, dan lelaki yang berumur 69 tahun di North Rhine-Westphalia kehilangan kendali kendaraannya akibat angin kencang dan meninggal. Di Thuringia, seorang petugas pemadam meninggal akibat pohon tumbang.

Juru bicara perusahaan kereta nasional Jerman Deutsche Bahn (DB) mengaakan DPA bahwa karena alasan keselamatan, layanan kereta jarak-jauh takkan beroperasi sampai ada pemberitahuan lebih lanjut,  Jumat pagi. Ia menambahkan gangguan akibat topan sangat serius.

Perusahaan kereta menghentikan seluruh operasi di Negara Bagian North-Rhine Westphalia dan Lower Saxony pada Kamis pagi, sehingga banyak penumpang terjebak. DP mengeluarkan permintaan ma’af atas ketidak-nyamanan tersebut, tapi mengatakan perushaan itu tak bisa menawarkan perkiraan kapal layanan akan dilanjutkan.

Terlebih lagi, kecepatan perjalanan kereta di bagian lain Jerman melambat tajam sebagai akibat dari hembusan angin topan.

Sejauh ini, angin sangat kencang sampai 130 kilometer per jam sudah diukur di wilayah yang lebih tinggi di Jerman Barat. Sangat banyak salju jatuh di daerah yang lebih dekat dengan Pegunungan Alpen di Negara Bagian Baden-Wuerttemberg.

Dinas Meteorologi Nasional (DWD) telah menyarankan warga agar tetap berada di dalam rumah di daerah yang paling terpengaruh oleh topan karena resiko terpajan pada puing yang jatuh, pohon yang tumbang dan potensi kerusakan saluran listrik.

Sekolah di beberapa negara bagian Jerman masih tutup pada Kamis. Operasi di bandar udara utama juga sudah sangat terpengaruh oleh cuaca. Penerbangan dibatalkan karena alasan keamanan di Bandar Udara Duesseldorf, sedangkan Bandar Udara Cologne dan Bonn dipaksa untuk sementara ditutup seluruhnya.

Petugas badan meteorologi memperkirakan topan saat ini bergerak dari Jerman Barat ke Negara Bagian Saxony dan Brandenburg Selatan pada Kamis. Di seluruh negeri tersebut, pola cuaca akan tetap tak stabil dalam beberapa hari ke depan sementara temperatur anjlok. (drh/ant)