Beranda Internasional Legenda AC Milan, George Weah Segera Dilantik Jadi Presiden Liberia

Legenda AC Milan, George Weah Segera Dilantik Jadi Presiden Liberia

BERBAGI

JATENGPOS.CO.ID, MONROVIA – Mantan legenda sepakbola klub AC Milan, George Weah, terpilih menjadi Presiden Liberia pada Rabu, (27/12) lalu. Weah betul-betul memanfaatkan popularitasnya yang luar biasa sebagai salah satu pesohor pesepakbola Afrika.

Komisi Pemilihan Umum Nasional pada Jumat, (29/12), mengumumkan mantan atlet sepak bola George Weah sebagai pemenang pemilihan presiden Liberia. Ini merupakan prestasi yang tak didapatnya dengan mudah.

Seperti dilansir Anadolu Agency, hasil pemilihan umum yang digelar pada 26 Desember menunjukkan Koalisi Weah untuk Perubahan Demokratik mengumpulkan 61,5 persen suara, mengalahkan Wakil Presiden Joseph Boakai, kandidat dari Partai Persatuan yang mengumpulkan 38,5 persen.

Ribuan pendukung yang berkumpul di markas partai tersebut bersorak-sorai hingga menimbulkan keributan. Selain itu karena masalah teknis, akhirnya Weah membatalkan pidatonya. Ia kemudian berencana untuk berpidato di kemudian hari.

Saat komisi pemilihan mengumumkan hasil akhir, kemacetan lalu lintas selama berjam-jam terjadi di pusat Kota Monrovia. Sebab para pendukung menggelar arak-arakkan hingga ke markas partai.

Sebelumnya, Presiden Ellen Johnson Sirleaf telah menginstruksikan untuk membentuk Tim Transisi Presiden Gabungan. Instruksi tersebut memberi wewenang pada tim untuk mengembangkan protokol dan mekanisme yang sesuai untuk kelancaran transisi kekuasaan.

Begitu seluruh sistem dan mandat ditetapkan oleh tim, Weah akan dilantik sebagai presiden menggantikan Sirleaf padda 16 Januari.(jpc/udi)

BERBAGI