Beranda Travelling Wisata Libur Tahun Baru, Wisatawan Yogyakarta Dimanjakan 4 Posko Ini

Libur Tahun Baru, Wisatawan Yogyakarta Dimanjakan 4 Posko Ini

BERBAGI

JATENGPOS.CO.ID.YOGYAKARTA – Liburan akhir tahun di Yogyakarta itu sangat simpel. Nggak ribet. Semua informasi soal destinasi wisata, lokasi hotel, atau event wisata selama libur Natal dan tahun baru bisa diakses via Posko libur Natal dan Tahun Baru (Nataru).

“Kita buka 4 Posko libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) selama 23 Desember 2017 hingga 3 Januari 2018. Posko Nataru tersebut berada di empat titik yakni Stasiun Tugu, Bandara Adisucipto, Kantor Dinas Pariwisata DIY, dan Kantor Tourist Information Center (TIC) Malioboro,” kata Kepala Dinas Pariwisata DIY, Aris Riyanta, Selasa (26/12).

Lebih lanjut Aris menjelaskan, keberadaan Posko Nataru tersebut untuk memfasilitasi para wisatawan. Semua informasi event akan tersaji dengan lengkap. Info objek wisata juga tak hanya terpusat di Kota Yogyakarta. Semuanya akan menyentuh hingga empat kabupaten lain.

“Harapan kita, wisatawan tidak hanya mendatangi kota tapi juga ke kabupaten yang ada. Apa lagi libur Natal dan Tahun Baru ini berbarengan dengan libur sekolah. Saat ini saja Malioboro sudah full dipadati wisatawan,” ujar Aris.

Segala hal yang terkait mobilitas wisatawan pun ikut disiapkan. Yang pertama, penyiapan Konektivitas antar-destinasi wisata. Konsentrasinya tidak hanya terpusat di kota, tapi juga menyebar hingga pelosok Yogyakarta. 

“Kalau di Sleman ada di kawasan Kaliurang. Kulonprogo di Pantai Glagah dan Waduk Sermo.Kali Biru, Bantul di Pantai Gua Cemara, Pantai Baru, dan Parangtritis. Tinggal pilih mau plesiran seperti apa. Untuk itu posko ini di buat untuk memberikan informasi kepada wisatawan,” tuturnya.

Sampai  malam pergantian tahun sekalipun, posko-posko tadi akan tetap on. Bahkan koordinasinya ditambah dengan instansi-instansi terkait. Muaranya, memberikan pelayanan terbaik kepada wisatawan.

“Persiapan untuk menyambut wisatawan akhir tahun dilakukan lintas instansi sesuai dengan kewenangan dan tanggung jawab masing-masing. Kepolisian, Dinas Perhubungan, hingga Dinas Kesehatan, semua terhubung. Selain Posko Nataru, Dinas Pariwisata juga menghadirkan posko gabungan di beberapa titik seperti di Taman Parkir Abu Bakar Ali, simpang Gejayan, Gembira Loka Zoo dan di Titik Nol Kilometer” jelas Aris.

Menteri Pariwisata Arief Yahya pun sumringah ketika disinggung kesiapan Dispar DIY menyambut Libur Natal dan Tahun Baru. Menurutnya Kesiapan seperti inilah yang harus ditunjukkan dalam menyambut wisatawan.

“Sangat bagus. Wisatawan itu jangan dibikin susah. Perkenalkan destinasi unggulan hingga pelosok Yogyakarta agar mereka tidak boring. Ini sekaligus promosi destinasi dan event yang bisa mengundang mereka datang lagi ke Yogyakarta,” kata Menpar Arief Yahya. (*/jan)