Beranda Sekolah Hebat Opini Guru Lingkungan Sebagai Pendukung Suksesnya Pembelajaran Siswa

Lingkungan Sebagai Pendukung Suksesnya Pembelajaran Siswa

BERBAGI
Meda Anjarwati, S.Pd.SD. SD Negeri Majir, Kec. Kutoarjo
Meda Anjarwati, S.Pd.SD. SD Negeri Majir, Kec. Kutoarjo

JATENGPOS.CO.ID, – Dengan melihat kondisi lingkungan yang ada saat ini, banyak sekali kerusakan yang terjadi yang ditimbulkan oleh ulah manusia. Untuk itu, supaya lingkungan kita bisa terjaga, maka kita ciptakan lingkungan yang asri dan nyaman. Sedangkan untuk menciptakan lingkungan  yang nyaman dan asri, kita mulai dari lingkungan sekolah kita. Yang mana lingkungan sekolah nantinya menjadi tempat pembelajaran dan penyadaran warga sekolah baik itu guru, murid, dan pekerja lainnya untuk peduli akan lingkungan.

Lingkungan sekolah, menurut Imam Supardi menyatakan bahwa lingkungan merupakan jumlah semua benda hidup dan mati serta seluruh kondisi yang ada didalam ruang yang kita tempati. Dan menurut pengertian lain bahwa lingkungan sekolah mencakup segala material dan stimulus didalam dan diluar individu baik yang bersifat fisiologis, psikologis, maupun sosio kultural.(Bandumg : PT Alumni, 2003), hal. 2. Dari pendapat tersebut, maka penting sekali kita sebagai guru mengkaitkan lingkungan yang ada di sekitar kita utamanya  di sekolah dengan pembelajaran yang sesuai dengan kerukulum yang ada.

Dalam praktiknya, keterkaitan antara lingkungan sekolah dengan pelajaran yang ada di sekolah sangat berpengaruh sekali dalam kemampuan siswa untuk menangkap materi pelajaran karena dengan mengajak siswa untuk mengamati lingkungan yang ada di sekolah yang  merupakan wujud dari benda yang konkrit akan lebih mudah untuk dipahami siswa melalui pengamatan secara langsung. Pembelajaran dengan pengamatan langsung terhadap lingkungan inibisadilakukan oleh siswa kelas tinggi ataupun kelas rendah.

Sebelum guru mengajak siswa untuk melakukan pembelajaran di luar kelas, hendaknya guru harus memahami terlebih dahulu isi dari kurikulumnya, karena tidak semua kurikulum dapat kita terapkan di luar kelas. Setelah guru memahami akan adanya keterkaitan kurikulum dengan lingkungan sekolah, maka anak diarahkan untuk mengamati lingkungan sekolah dengan mengajak mereka belajar di luar kelas. Disitu anak akan menemukan hal-hal baru yang mungkin saja tidak di jumpai di buku paket. Dengan adanya temuan-temuan dalam pembelajaran diluar kelas tentunya banyak pertanyaan-pertanyaan yang di ajukan siswa kepada  gurunya. Disinilah nantinya guru diharapakan dapat menjembatani persoalan yang mungkin dijumpai siswa selama pembelajaran di luar kelas.

Guru mempunyai peranan penting dalam pembelajaran diluar kelas, selain sebagai motivator guru juga sebagai fasilitator. Guru sebagai motivator dengan maksud untuk memotivasi siswa untuk mengamati lingkungan yang ada disekolah dengan memberikan arahan atau bimbingan  sebelum siswa melakukan pengamatan. Sedangkan guru sebagai fasilitator apabila selama melakukan pengamatan di jumpai hal-hal yang baru yang belum dimengerti siswa, maka guru diharapkan dapat memberikan informasi yang tepat dan jelas sesuai dengan harapan siswa.

            Siswa akan lebih mudah menerima materi pelajaran apabila suasana pembelajaran menarik dan menyenangkan. Pembelajaran tidak hanya bisa dilakukandi dalam kelas tetapi juga bisa  di luar kelas asalkan itu memang dibutuhkan untuk memenuhi target yang diharapkan guru terhadap siswanya dalam penguasaan materi pelajaran sesuai dengan kurikulum. Jadi sebenarnya, banyak cara yang dapat dilakukan guru agar siswa  dengan mudah bisa memahami pelajaran, salah satunya dengan mengajak siswa untuk belajar di luar kelas dimana siswa bisa menemukan hal-hal yang baru, cara berfikir dengan sudut pandang yang baru dan tentunya juga hasil yang sesuai target yang diharapkan melalui pengamatan di lingkungan sekolah tersebut.

Meda Anjarwati, S.Pd.SD.

SD Negeri Majir, Kec. Kutoarjo

 

 

 

BERBAGI