Beranda Jateng Pantura Barat Logistik Pilkada Kabupaten Pekalongan Capai 85 Persen

Logistik Pilkada Kabupaten Pekalongan Capai 85 Persen

7

JATENGPOS.CO.ID, PEKALONGAN – Komisi Pemilihan Umum Kota Pekalongan memastikan persiapan logistik baik untuk proses pemungutan suara maupun alat pelindung diri (APD) untuk Pemilihan Kepala Daerah 2020 sudah mencapai 85 persen.

“Persiapan logistik Pilkada Kota Pekalongan yang sudah diterima sekitar 85 persen menyusul hari ini sedang mengawal pengambilan surat suara di PT Pura Barutama Kudus dengan didampingi perwakilan bawaslu dan kepolisian agar lancar,” kata Ketua KPU Kota Pekalongan Rahmi Rosyada Thoha di Pekalongan, Senin.

Menurut dia, beberapa logistik yang sudah diterima KPU antara lain bilik suara, kotak suara, kabel ties, segel, tinta, dan alat pelindung diri (APD) yang disiapkan di tempat pemungutan suara (TPS).

Adapun soal logistik untuk pemungutan suara yang masih kurang, kata dia, hanya pada pengadaan desain formulir yang direncanakan secara serentak dibagikan dari KPU Pusat.

“Untuk (logistik, red.) lainnya sudah diterima seluruhnya oleh KPU,” kata Rahmi Rosyada.

Ia mengatakan surat suara untuk kegiatan sortir dan pelipatan rencananya akan digelar mulai 24 November 2020 dan selama lima hari ke depan (akhir bulan) ditargetkan sudah selesai.

“Saat pelaksanaan sortir dan lipat yang dijadwalkan Selasa (24/11) dengan memberdayakan masyarakat, kami sesuaikan dengan protokol kesehatan yaitu mempekerjakan sekitar 40 orang karena untuk mengantisipasi penyebaran COVID-19,” ujar-nya.

Selain itu, kata dia, petugas sortir juga diwajibkan memakai masker dan menerapkan jaga jarak, serta penempelan stiker taat protokol kesehatan di setiap tempat duduk petugas untuk lebih memudahkan koordinasi dan kontrol.

Ia mengatakan untuk pendistribusian logistik secara lengkap direncanakan sekitar 5 Desember hingga 6 Desember 2020 pada masing-masing panitia pemilihan kecamatan (PPK) untuk selanjutnya diteruskan kepada panitia pemungutan suara (PPS).

“Kebutuhan APD yang disiapkan di TPS pun saat ini posisinya sudah ada di masing-masing PPS kelurahan yang sudah cukup lama kami distribusikan, tinggal menunggu hari ‘H’ pemungutan suara saja untuk diambil sendiri oleh PPS,” tutur-nya.

Ia menambahkan jumlah kotak suara yang disiapkan di masing-masing TPS sebanyak 1 buah ditambah rekapitulasi di tingkat kota dan jumlah surat suara yang diterima Kota Pekalongan sesuai dengan daftar pemilih tetap (DPT) sebanyak 222.667 lembar suara. (fid/ant)