Beranda Edukasi Lomba Paskibra Garuda Paksi di SMA 4 Kota Semarang

Lomba Paskibra Garuda Paksi di SMA 4 Kota Semarang

531
BERBAGI

JATENGPOS.CO.ID, SEMARANG – Di era globalisasi sekarang ini, banyak terjadi persaingan antarpelajar dalam bidang akademis maupun non akademis. Untuk mewujudkan persaingan positif diperlukan penerapan dan pengembangan sikap disiplin, kritis, cinta tanah air, dan bertanggung jawab. Untuk membentuk kepribadian tersebut diperlukan penyaluran kreativitas disiplin dalam suatu wadah yang disebut PASKIBRA. Kegiatan ini merupakan salah satu cara yang baik untuk membentuk pribadi yang disiplin, cinta tanah air, dan bertanggung jawab. Paskibra SMA Negeri 4 Semarang, mengadakan Gelar Aksi Pemuda Pemudi Paskibra ( GARUDA PAKSI ).

GARUDA PAKSI adalah kegiatan lomba paskibra tingkat sma/smk/masederajat yang diadakan setiap dua tahun sekali. Pada pelaksanaan ke-4 tahun ini, GARUDA PAKSI diadakan dengan tingkat se-Pulau Jawa (Terbuka). Kegiatan ini akan dilaksanakan pada hari Minggu, 28 April 2019 mendatang di SMA Negeri 4 Semarang. Ada beberapa jenis kategori perlombaan yang akan dilombakan pada kegiatan tersebut, diantaranya adalah Lomba Peraturan Baris-berbaris, Lomba Variasi dan Formasi, Lomba Best Danton, Lomba Best Squad, Lomba Best Coach, Lomba Terfavorit, dan Lomba Best Costume.

Total uang pembinaan yang akan diberikan untuk pemenang dari perlombaan-perlombaan tersebut adalah sebesar Rp 18.000.000,00 dan memperebutkan piala Juara Umum serta Piagam Penghargaan dari Menteri Pemuda dan Olahraga. Kuota perserta yang disediakan yaitu sebanyak 50 tim. Setiap pangkalan diperbolehkan mengirim pasukan dengan jumlah maksimal 2 tim. Setiap tim atau pasukan terdiri atas 16 orang dan dua orang cadangan. Pendaftaran dibuka pada tanggal 10-18 Februari 2019, dengan biaya pendaftaran sebesar Rp 400.000,00 untuk setiap timnya.

Pendaftaran dapat dilakukan dengan 2 cara yaitu pendaftaran online dan offline. Pendaftaran online dapat dilakukan dengan menghubungi panitia dengan kontak 085716569575 atas nama Reva, untuk mengkonfi rmasi jumlah kuota yang masih tersedia. Kemudian, mentransfer uang pendaftaran ke Rekening BNI 0654739140 a/n Nadhira Paramarta serta menunjukkan bukti. Sedangkan untuk pendaftaran offline, dapat dilakukan dengan mendatangi pangkalan Paskibra SMA N 4 Semarang di Jalan Karangrejo Raya No.12A, Banyumanik, Semarang. Kemudian membayar uang pendaftaran secara langsung kepada panitia.

Dalam pendaftaran ini, baik pendaftaran online dan offl ine tidak ada waiting list. Maksud dari waiting list di sini apabila setelah bertanya tentang ada atau tidaknya sisa kuota peserta, kemudian memilih untuk ‘keep’ atau ‘book’. Karena yang tercatat oleh panitia sebagai ‘terdaftar’ hanyalah yang telah mentransfer uang pendaftaran serta menunjukkan bukti transfernya. Setelah pendaftaran, Technical Meeting akan dilaksanakan pada tanggal 31 Maret 2019 di SMA N 4 Semarang.

Untuk infromasi yang lebih lengkap dapat dicek pada Instagram : @instruktursmapa, Facebook : Garuda Paksi IV atau dapat menghubungi panitia di Telpon/WA : 085716325208 (Devita) dan ID Line : vina_rahma8 (rendra/sgt).