Beranda Ekonomi Lonjakan Trafik Data Mudik Diprediksi Capai 80 Persen

Lonjakan Trafik Data Mudik Diprediksi Capai 80 Persen

BERBAGI
INDOSAT : Jajaran manajemen Indosat disela kesiapan jaringannya dalam menghadapi Ramadhan, Mudik, dan Lebaran mendatang. alkomari/Jateng Pos
INDOSAT : Jajaran manajemen Indosat disela kesiapan jaringannya dalam menghadapi Ramadhan, Mudik, dan Lebaran mendatang. alkomari/Jateng Pos

JATENGPOS.CO.ID, SEMARANG – Indosat Ooredoo optimistis akan mampu memberikan pelayanan maksimal kepada pelanggan selama Ramadhan, Muduk, dan Lebaran mendatang. Pasalnya jaringannya kini semakin dikuatkan dengan frekuensi LTE 2.100 Mhz yang baru saja dimillikinya awal Mei ini.

“Membuktikan kesiapan jaringan di sepanjang jalur dan kota mudik, Indosat Ooredoo melakukan uji jaringan di kota dan jalur mudik Semarang-Demak-Kudus,” ujar  Division Head NSAS Optimization Indosat, Yusuf Setiawan disela uji jaringan Indosat, Selasa (15/5) kemarin.

Seperti pengalaman tahun-tahun sebelumnya, Semarang, Demak dan Kudus merupakan tiga kota tujuan mudik padat di JawaTengah. Dimana jalur yang menghubungkan ketiga kota tersebut merupakan bagian dari jalur Pantura yang juga menjadi jalur mudik padat di pesisir utara Jawa Tengah menuju Jawa Timur. “Ketiga kota ini juga memiliki berbagai obyek wisata religius yang menjadi tujuan wisata selama masa Ramadhan dan Lebaran,” imbuhnya.

Dalam ujijaringan kemarin, diperoleh coverage 4G secara kontinyu di sepanjang rute Semarang-

Demak-Kudus. Selain itu juga dicoba berbagai aktivitas layanan yang biasa dilakukan pelanggan

seperti download, live streaming, YouTube, dan video call. Dari hasil pengetesan menunjukkan

bahwa sepanjang rute drive test aktivitas streaming berjalan dengan baik dan tanpa buffering.

 

Dalam kegiatan ini kecepatan maksimal download mencapai 39,74 Mbps dengan rata-rata

kecepatan download 8,09Mbps. Khusus di beberapa titik keramaian kota tujuan mudik diperoleh

kecepatan download hingga 107,70 Mbps (Simpanglima Semarang), 86,98Mbps (Masjid Agung

Demak), 97,17 Mbps (Museum Kretek Kudus). “Diperkirakan lonjakan trafik pada puncak Lebaran besok akan mencapai 80 persen, khususnya layanan data,” tegasnya.

Head of Regional Central & West Java Indosat, Edi Riyanto menuturkan, Jawa Tengah merupakan daerah yang sangat penting selama arus mudik Lebaran untuk layanan telekomunikasi. “Jawa Tengah ini menjadi daerah yang merupakan tujuan pemudik, orang Jawa Timur kalau mudik juga pasti lewat Jawa Tengah, sehingga pelayanan Indosat di Jawa Tengah selama Ramadhan, Mudik dan Lebaran akan kita maksimalkan,” tuturnya.

Indosat berkomitmen akan memberikan layanan telekomunikasi untuk mendukung kelancaran aktivitas selama masa-masa tersebut. Mendukung kelancaran dan kenyamanan berkomunikasi masyarakat tersebut, Indosat Ooredoo kembali mempersiapkan layanannya dengan melakukan peningkatan kapasitas jaringan, pemantauan kualitas jaringan melalui Indosat Ooredoo Network Operation Center (iNOC), Command Center jaringan, serta berbagai paket khusus Ramadhan dan Lebaran bagi pelanggan. (mar)
BERBAGI