Beranda Olahraga Macam-macam Aturan dalam Catur

Macam-macam Aturan dalam Catur

18

JATENGPOS.CO.ID, JAKARTA — Catur menjadi permainan yang menarik untuk dimainkan dikala kita sedang enggan melakukan olahraga yang mengeluarkan banyak keringat.

Meski tidak mengeluarkan banyak keringat, namun catur memerlukan konsentrasi agar bisa menjalankan strategi dengan baik.

Semakin sulit lawanmu akan membuatmu lebih banyak berfikir sebelum menggerakkan buah catur.

Meksi terlihat simple, namun catur mempunyai beberapa aturan yang mungkin belum kamu ketahui.

Gerakan

Buah catur masing-masing memiliki gerakannya sendiri-sendiri.

Prajurit hanya bisa bergerak maju satu petak, namun jika petaknya terhalang maka prajurit tidak bisa maju, prajurit dapat memakan buah catur lawan apabila ada di sudut sisi diagonal depannya.

Benteng bisa bergerak horizontal dan vertikal, selain itu benteng bebas bergerak berapa kotak asal masih dalam garis horizontal dan vertikal.

Kuda bisa melaju seperti bentuk L, yang artinya dia bisa melaju 2 petak kedepan dan melebar sejauh satu petak, dia juga bisa melompati buah catur dari lawan maupun dari timnya sendiri.

Gajah catur bisa bergerak panjang atau pendek seperti benteng, namun buah catur yang satu ini hanya bisa bergerak di satu warna.

Jika gajah berada di kotak hitam maka selama permainan hanya bisa berada di kotak hitam, jika gajah di kotak putih maka akan selalu di kotak putih.

Menteri bisa bergerak layaknya benteng dan gajah, dia lebih spesial karena bisa bergerak ke segala arah, dengan kata lain setelah masuk kotak hitam bisa ke kotak putih.

Raja mempunyai gerakan yang terbatas karena dia hanya bisa melaju satu petak namun bisa ke segala arah.

Rokade

Hal ini seringkali dilakukan dalam kompetisi catur, jika kamu bermain melawan teman mungkin hal ini jarang dilakukan karena jarang juga yang tahu cara rokade.

Syarat melakukan rokade.

Tidak ada buah catur yang menghalangi antara raja dan benteng
Raja dalam keadaan bebas atau tidak di skak oleh lawan.
Raja dan benteng sebelumnya tidak pernah bergerak.
Petak yang akan ditempati raja seusai rokade tidak boleh dalam serangan lawan.

Promosi

Hal ini sudah lumrah dilakukan dimanapun, meski di dalam tongkrongan atau di dalam turnamen internasional hal ini pasti akan digunakan.

Cara melakukan promosi adalah prajurit melaju hingga barisan terakhir lawan maka prajurit tersebut bisa dipromosikan menjadi apapun, kalau saya akan menukarnya dengan menteri.

Namun lawan tidak akan memudahkanmu untuk melakukan promosi, apalagi prajurit pergerakannya yang cukup lemah jadi gunakan strategi yang baik agar bisa promosi.

Skak

Skak menjadi senjata kita untuk bisa memenangkan pertandingan catur, dengan melakukan skak maka lawan akan fokus untuk mengamankan rajanya.

Untuk melakukan skak, raja yang kamu miliki tidak boleh dalam keadaan di skak oleh lawan, skak hanya boleh dilakukan ketika sang raja merasa bebas.

Lakukan skak dengan strategi yang bagus dan jangan terlalu bernafsu, biasanya kita terlalu fokus menyerang raja lawan hingga lupa bahwa kita masuk dalam jebakan.

Lakukan skak mat kepada lawan dan kamu akan memenangkan pertandingan.

Permainan Seri (Remis)

Dalam permainan catur ada juga loh hasil imbangnya, hal ini dikarenakan oleh banyak hal, salah satu contohnya adalah posisi yang diulang selama 3 kali.

Selain itu, ketika permainan menemui jalan buntu dan masing-masing kesulitan untuk memenangkan pertandingan maka bisa saja menjadi remis asalkan disetujui kedua belah pihak.

Ada beberapa lagi aturan-aturan yang bisa membuat pertandingan seri, namun yang sering digunakan adalah kedua terknik tersebut.

Nah itulah aturan catur yang harus kamu mengerti, jika kamu ingin tau lebih banyak lagi mengenai olahraga silahkan kunjungi pemaincadangan.com disana kamu akan belajar banyak tentang olahraga mulai dari teknik dasar hingga peraturan yang berlaku.