Beranda Sekolah Hebat Opini Guru Madin DW Tingkatkan Spiritual Siswa

Madin DW Tingkatkan Spiritual Siswa

90
BERBAGI
TRINITI RATRI ASTUTI,S.Pd.I Guru SD Negeri 04 Belik Kec. Belik Kab. Pemalang
TRINITI RATRI ASTUTI,S.Pd.I Guru SD Negeri 04 Belik Kec. Belik Kab. Pemalang

Pendidikan merupakan sebuah upaya atau proses untuk memanusiakan manusia, yang artinya adalah proses yang terstruktur secara sistematis dan saling berkesinambungan antara satu sistem dan sistem yang lain. pendidikan juga bisa diartikan sebagai At-Tadib, yang artinya adalah upaya menjadikan peserta didik sebagai manusia yang beradab.

            Perlu diperhatikan lebih lanjut tentang pendidikan Agama Islam di sekolah-sekolah khususnya di sekolah negeri bertujuan untuk menumbuhkan dan meningkatkan keimanan melalui pemberian dan pemupukan pengetahuan, penghayatan, pengamalan, serta pengalaman peserta didik tentang agama islam.  Sehingga menjadi manusia muslim yang terus berkembang dalam hal keimanan, ketakwaannya, berbangsa dan bernegara namun kenyataan di lapangan hasilnya kurang maksimal. Hal ini dikarenakan minimnya waktu atau durasi pembelajaran dan banyaknya materi yang harus diajarkan.

            Diniyah weekend (DW) adalah salah satu program yang memiliki tujuan untuk menambah pengetahuan religiusitas peserta didik dan pengaplikasiannya, menimbang kurangnya pengetahuan pendidikan agama Islam di sekolah-sekolah. Program Diniyah Weekend (DW) ini dilaksankan pada hari Sabtu dan Ahad, dengan sistem ala pesantren yaitu para  peserta didik akan menginap di tempat diselenggaraknya program tersebut.

            Program Diniyah Weekend ini terlahir salah satunya adalah hasil dari keluhan para orang tua yang merasa anak-anak mereka memiliki banyak waktu luang. Melihat banyaknya waktu luang ini para orang tua tidak tinggal diam untuk menyikapi situasi tersebut, karena mereka khawatir anak-anak mereka mengisi waktu luang mereka dengan kegiatan-kegiatan yang kurang bermanfaat bahkan kegiatan-kegiatan negatif, maka dari itu orang tua lebih memilih untuk memasukan mereka dalam kegiatan Diniyah Weekend, dengan pertimbangan mereka mengisi kegiatan mereka dengan hal-hal positif.

            Untuk kegiatan pembeajaran yang disuguhkan dalam program Diniyah Weekend ini sendiri cukup berfariasi, mulai dari kegiatan pembelajaran yang bersifat formal hingga kegiatan-kegiatan yang bersifat informal. Untuk kegiatan pembelajaran formal sendiri terangkum dengan sistematis dalam silabus mata pelajaran yang nantinya akan disuguhkan ketika jam pembelajaran di dalam kelas, sedangkan untuk pembelajaran informal terprogram dalam kegiatan selama proses terlaksananya program Diniyah Weekend di bawah pengawasan pendidik yang senantiasa menemani mereka dari dimulainya program hingga berakhirnya program Diniyah Weeked tersebut.

            Kegiatan pembelajaran formal merupakan kegiatan pembelajaran yang umum diketahi oleh masyarakat pada umumnya, kegiatan ini merupakan kegiatan yang dilakukan di dalam kelas oleh pendidik dan peserta didik dengan bahan ajar atau materi yang sudah ditentukan dan juga dengan memperhatikan indikator pencapaian yang harus dicapai oleh pendidik dan peserta didik. Kegiatan pembelajaran ini tersusun dengan sistematis melalui RPP dan silabus mata pelajaran yang sudah disepakati bersama oleh para pendidik.

Kegiatan pembelajaran informal adalah kegiatan pembelajaran yang pada umumnya dilakukan di dalam lingkungan rumah yang meliputi aspek kemandirian dan sosial. Kegiatan pembelajaran informal ini juga diajarkan di dalam kegiatan Diniyah Weekeend. Para peserta didik diajarkan dan dibimbing oleh para pendidik untuk melatih kemandirian dan sosial mereka.

            Di luar itu semua program Diniyah Weekend dinilai cukup efektif dan efisien dalam meningkatkan pemahaman religiusitas para peserta didik.Sehingga guru bisa melakukan hal yang sama untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Sehingga hasil maksimla bisa kita peroleh untuk siswa.

TRINITI RATRI ASTUTI,S.Pd.I

Guru SD Negeri 04 Belik Kec. Belik Kab. Pemalang

BERBAGI