Beranda Jateng Solo Mahasiswa KKN Univet Gugah Potensi Ekonomi Warga

Mahasiswa KKN Univet Gugah Potensi Ekonomi Warga

Tim Monev Apresiasi Produk Olahan Gemolong

138
PEMANTAUAN : Tim monev KKN Univet melakukan pemantauan di kecamatan Gemolong Kabupaten Sragen.
PEMANTAUAN : Tim monev KKN Univet melakukan pemantauan di kecamatan Gemolong Kabupaten Sragen.

JATENGPOS.CO.ID, SUKOHARJO – Mahasiswa KKN Univet Bantara yang mengabdi di Kecamatan Gemolong kabupaten Sragen, mampu menggugah warga untuk memunculkan potensi desa. Selama satu bulan mengabdi ada sejumlah potensi yang dihasilkan antara lain aneka olahan dari buah sawo di desa Jenalas Selain itu ada juga aneka olahan dari singkong dan bamboo dari desa Brangkal, aneka olahan jagung dari desa Purworejo dan produk pupuk cair desa Kalangan. Produk desa tersebut ditunjukkan pada tim monitor dan evaluasi (monev) KKN untuk kecamatan Gemolong yang dilakukan oleh Wakil Rektor Dewi Susilowati dan Kepala Humas Univet Ir Catur Rini.

“Inilah salah satu fungsi KKN, selain mengembangkan ilmu dan membaginya untuk masyarakat dengan terjun langsung ke desa desa, mereka juga harus memberdayakan masyarakat desa dengan potensi yang ada. Seperti desa Jenalas banyak ditemukan pohon sawo, maka warga diberdayakan membuat aneka olahan dari sawo, agar memiliki nilai ekonomis,” kata Catur Rini, Senin (25/3).

Pada kesempatan monev, dipamerkan hasil produk yang dilakukan dibina oleh mahasiswa KKN Univet. Mulai dari produk makanan yang bisa dikonsumsi sendiri oleh masyarakat, menu olahan makanan sehat yang bisa dijual, aneka souvenir dan juga kegiatan non fi sik berupa penyuluhan mengenai sejumlah informasi.

“Kami sangat mengapresiasi, semua produk yang dihasilkan berpotensi meningkatkan perekonomian warga, meski perlu pendampingan lagi untuk konsistensi pembuatan produk, pengemasan yang menarik, pemasaran juga pembukuan atau administrasi penjualan.” Imbuh Catur Rini.

Pada kesempatan KKN di kecamatan Gemolong, juga diadakan penyerahan donasi buku dari KKN Univet Bangun Nusantara Sukoharjo kepada Pemdes Jenalas. Buku-buku tersebut akan menambah koleksi pustaka Perpusdes Jenalas yang masih kurang memadai. (dea/bis/rit)