Beranda Jateng Solo Mahasiswa UNIBA Diajak Seduh Kopi

Mahasiswa UNIBA Diajak Seduh Kopi

202
ILMU SEDUH : Mahasiswa UNIBA mendapat ilmu seduh kopi saat mata kuliah ekonomi koperasi dan Kewirausahaan bersama dosen Sholichul Hadi.
ILMU SEDUH : Mahasiswa UNIBA mendapat ilmu seduh kopi saat mata kuliah ekonomi koperasi dan Kewirausahaan bersama dosen Sholichul Hadi.

JATENGPOS.CO.ID, SOLO – Tidak hanya mendapat teori mengenai kewirausahaan, mahasiswa Universitas Islam Batik (Uniba) Surakarta juga mendapatkan ilmu praktis, kali ini ilmu seduh kopi.

“Kami kenalkan langsung usaha usaha wirausaha bagi mahasiswa, kali ini kita ajak mahasiswa praktek seduh kopi. Kita cari usaha yang pasarnya bagus, warung kopi salah satunya,” kata Solichul Hadi Ahmad Bakri, pengampu Mata Kuliah Ekonomi Koperasi dan Kewirausahaan, UNIBA Surakarta, Kamis (28/3).

Solichul dosen Fakultas Ekonomi Manajemen UNIBA menjelaskan kewirausahaan memiliki porsi yang besar dalam pertumbuhan ekonomi suatu negara, tak terkecuali Indonesia. Bahkan kewirausahaan digadang-gadang sebagai pilar ekonomi suatu bangsa. Mengingat hal tersebut maka peran kewirausahaan perlu didengungkan lebih luas di negara ini, termasuk implementasi nilai-nilai kewirausahaan dalam jiwa generasi penerus bangsa.

Dalam perkuliahan tersebut produk-produk kopi dikenalkan serta cara pengolahannya. Cara penyeduhan kopi yang unik dan membutuhkan detail yang tepat juga diperagakan dalam kegiatan tersebut. Diantaranya cara penyeduhan dengan menggunakan metode V60, Manual Brew, dan Expresso. Berbagai cara roasting juga diperkenalkan diantaranya, light, medium, dan dark.

“Melalui kegiatan perkuliahan ini diharapkan mahasiswa memiliki kemampuan untuk dapat bertahan di dunia bisnis. Agar mereka siap jadi wirausaha,” imbuhnya.

Solichul menambahkan bahwa untuk menjadi pelaku wirausaha seharusnya mampu mencari ide-ide yang belum tereksplorasi oleh pihak lain.
Hal ini sejalan dengan misi UNIBA Surakarta sebagai Entrepreneurial University. Langkah ini menjadi salah satu bukti bahwa UNIBA Surakarta berkomitmen penuh untuk mewujudkan nilai-nilai entrepreneurship dalam kegiatan tri dharma perguruan tinggi. (dea/bis/rit)