Beranda Jateng Pantura Timur Mahasiswa Unnes Latih Warga Blora Buat Wayang Krucil

Mahasiswa Unnes Latih Warga Blora Buat Wayang Krucil

BERBAGI

JATENGPOS.CO.ID, BLORA – Mahasiswa Universitas Negeri Semarang (Unnes) menggelar kegiatan pengabdian masyarakat di Desa Klopodhuwur, Kecamatan Banjarejo, Kabupaten Blora oleh tim PKM yang terdiri dari lima mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang yaitu Fitri Andriani Setyowati, Farhan Zakki Nugraha, Warmih, Amanah, dan Sarjuki.

Kegiatan ini dilaksanakan mulai pukul 20.00-22.30 WIB di Kantor Kelurahan Desa Klopodhuwur yang dihadiri oleh 25 orang warga desa. Dalam pengabdian ini tim PKM memberikan pelatihan kepada warga Klopodhuwur untuk membuat wayang krucil.

Tim PKM mengambil pengabdian di bidang budaya walaupun semua anggota berasal dari bidang ekonomi dikarenakan keperhatiannya kepada budaya wayang krucil yang sudah punah di Blora serta wayang krucil telah termasuk kedalam 75 jenis wayang punah di Indonesia.
Pengabdian yang dilaksanakan sabtu malam tersebut merupakan pelatihan pembuatan wayang krucil yang ketiga dan merupakan kegiatan pengabdian yang terakhir.

Dalam pelatihan tersebut di dihasilkan 10 wayang, proses pembuatan wayang, warga dibagi kedalam beberapa kelompok 1 wayang dikerjakan 2- 3 orang warga.

Kegiatan disambut baik oleh perangkat Desa Klopodhuwur, BAPPEDA Kabupaten Blora, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Blora serta warga Klopodhuwur, hal ini dapat dilihat dari perizinan yang cukup mudah diberikan dan dukungan dalam pelaksanaan pengabdian serta antusias dan keaktifan para peserta sepanjang rangkaian kegiatan. (hfd)

BERBAGI