Beranda Sekolah Hebat Opini Guru Make A Match Tingkatkan Kemampuan Menyusun Teks Procedure

Make A Match Tingkatkan Kemampuan Menyusun Teks Procedure

72
SUJIATMI, S.Pd SMP Negeri 1 Ngaringan Kabupaten Grobogan
SUJIATMI, S.Pd SMP Negeri 1 Ngaringan Kabupaten Grobogan

Penguasan materi pelajaran Bahasa Inggris dalam jenjang SMP meliputi empat keterampilan berbahasa, yaitu: menyimak, berbicara, membaca dan menulis. Semua itu didukung oleh unsur-unsur bahasa lainnya, yaitu: Kosa Kata, Tata Bahasa dan Pronunciation sesuai dengan tema sebagai alat pencapai tujuan. Dari ke empat keterampilan berbahasa di atas, Writing (menulis) merupakan salah satu kemampuan berbahasa yang dirasa sering menjadi masalah bagi siswa .

Pembelajaran mengungkapkan makna dalam langkah retorika dalam essai pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk procedure.

Dalam kegiatan inti pembelajaran, siswa diberi contoh teks monolog berbentuk procedure dan siswa diminta untuk mencari arti teks tersebut yang kemudian dirangkai menjadi sebuah kalimat yang benar mengungkapkan ide atau gagasannya. Mereka tentunya kesulitan dalam mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru. Hal ini sangat mengundang pertanyaan dan asumsi bahwasannya metode pembelajaran tersebut gagal. Sebagai upaya memperbaiki kegagalan, penulis berusaha mencari metode dan strategi pembelajaran yang tepat sebagai solusi selanjutnya.

Teks procedure merupakan salah satu Genre text yang dipelajari di tingkat SMP. Teks procedure bertujuan untuk memberikan petunjuk tentang langkah- langkah melakukan sesuatu (Otong Setiawan Djuharie, 2006 :38). Teks procedure dikenal pula dengan istilah directory. Teks procedure umumnya mempunyai struktur: 1. Goal, tujuan kegiatan, 2. Materials, bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat suatu barang/melakukan suatu aktifitas yang sifatnya opsional 3. Steps, serangkaian langkah-langkah. Sedangkan model pembelajaran Make a Match yang diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam menyusun teks procedure. Metode make a match atau mencari pasangan merupakan salah satu alternatif yang dapat diterapkan kepada siswa. Penerapan metode ini dimulai dari teknik yaitu siswa disuruh mencari pasangan kartu yang merupakan jawaban/soal sebelum batas waktunya, siswa yang dapat mencocokkan kartunya diberi poin.

Model pembelajaran make a match atau mencari pasangan dikembangkan oleh Lorna Curran (1994). Salah satu keunggulan tehnik ini adalah siswa mencari pasangan sambil belajar mengenai suatu konsep atau topik dalam suasana yang menyenangkan. Langkah-langkah penerapan metode make a match sebagai berikut: Metode make a match atau mencari pasangan merupakan salah satu alternatif yang dapat diterapkan kepada siswa. Penerapan metode ini dimulai dari teknik yaitu siswa disuruh mencari pasangan kartu yang merupakan jawaban/soal sebelum batas waktunya, siswa yang dapat mencocokkan kartunya diberi poin.Model pembelajaran make a match atau mencari pasangan dikembangkan oleh Lorna Curran (1994). Salah satu keunggulan tehnik ini adalah siswa mencari pasangan sambil belajar mengenai suatu konsep atau topik dalam suasana yang menyenangkan.
Make a Match diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam Penguasaan kemampuan Bahasa Inggris (language skill) merupakan syarat mutlak yang harus dimiliki di era komunikasi dan globalisasi saat ini. Pembelajaran Bahasa Inggris di jenjang SMP merupakan materi pokok sebagai bagian dari fungsi pengembangan diri siswa dalam bidang Ilmu Pengetahuan, teknologi dan seni yang diharapkan setelah menamatkan studi, Mereka mampu tumbuh dan berkembang menjadi individu yang cerdas, terampil dan berkepribadian sebagai bekal hidup di masa mendatang.

SUJIATMI, S.Pd
SMP Negeri 1 Ngaringan
Kabupaten Grobogan