Beranda Travelling Malaka Bangga Jadi Tuan Rumah Festival Crossborder

Malaka Bangga Jadi Tuan Rumah Festival Crossborder

90
BERBAGI

JATENGPOS.CO.ID, JAKARTA – Kabupaten Malaka, Nusa Tenggara Timur, sangat bangga dipilih Kementerian Pariwisata menjadi tuan rumah Festival Crossborder 2019. Lebih tepatnya, melalui event Konser Musik Malaka. Rencananya, Konser Musik Malaka akan dipusatkan di lokasi yang berbatasan langsung dengan Distrik Kovalima, Timor Leste, pada 28-29 Maret 2019. Bintang tamu acara ini adalah Maria Vitoria dan Bondan Prakoso.

Kepala Dinas Pendidikan, Kebudayaan, Pemuda dan Olaraga (PKPO) Kabupaten Malaka, Petrus Bria Seran mengatakan, sangat apresiasi dan berterima kasih kepada Kementerian Pariwisata. Karena, menjadikan Malaka sebagai tuan rumah event crossborder.

“Kami apresiasi dan bangga, Malaka dipilih menjadi tuan rumah Crossborder. Pasalnya, Crossborder ini akan menjadi sarana promosi budaya Malaka ke seluruh penjuru dunia,” kata Petrus Bria Seran, Rabu (14/3).

Selain melibatkan Bondan Prakoso dan Maria Vitoria, Konser Musik Malaka juga melibatkan band-band lokal, serta menampilkan tarian tradisional. Seperti Tarian Bidu dan Likurai dari beberapa sanggar seni yang ada di setiap sekolah.

Dia juga sangat senang dengan adanya kegiatan Crossborder ini karena para pelajar akan ikut dilibatkan. Melalui kegiatan seperti ini, kata Petrus, anak-anak sekolah yang sudah dilatih dan trampil, bisa naik di atas panggung.

“Ini merupakan suatu bentuk pelestarian budaya lewat even besar dan mendunia ini. Kami akan menggerakan semua atraksi budaya, tari, lagu dan lainnya akan tampil dalam even ini. Anak-anak sekolah kami libatkan,” kata Petrus.

Karena itu pihaknya menyampaikan hormat kepada Kementerian Pariwisata yang sudah melihat kabupaten Malaka di perbatasan ini untuk menunjukkan budaya lokalnya. “Kami apresiasi Pak Menteri Pariwisata, kami bangga Malaka dipilih jadi tuan rumah. Kami akan tampilkan semua atraksi budaya dalam event ini,” kata Petrus lagi.

Dia mengungkapkan, tim dari Kementerian Pariwisata sudah datang ke Malaka melihat dari dekat lokasi acara. Pemkab dan masyarakat setempat juga melakukan persiapan menyongsong event ini.

“Tim PCO sudah datang melihat dan sekarang sedang mempersiapkan acara menyongsong event ini. Kami harapkan acara Crossborder ini terus berlanjutan tiap tahunnya di Malaka sebagai ajang promosi pariwisata dan budaya,” katanya.

Asisten Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Regional III Kementerian Pariwisata, Ricky Fauziyani mengatakan, atraksi di Malaka ini tidak akan kalah heboh jika dibandingkan dengan Konser Musik Perbatasan Atambua.

“Setelah Atambua, kita juga akan menampilkan konser musik di Malaka. Ada Maria Vitoria dan Bondan Prakoso yang akan menjadi bintang tamu. Ada juga aksi tarian massal. Selain berbagai kemeriahan, event ini menjadi media pelestari seni budaya dan tradisi,” tutur Ricky Fauziyani.

Menteri Pariwisata, Arief Yahya mengatakan, Konser Musik Malaka akan menjadi atraksi yang sayang untuk dilewatkan. Apalagi juga disajikan tariab-tarian kolosal kebudayaan masyarakat perbatasan NTT.

“Bukan hanya atraksinya saja yang luar biasa. Aksesibilitas dan amenitas menuju Malaka juga bagus. Kami tunggu Anda di Malaka. Enjoy Tanah Timor,” ujar Menpar Arief Yahya.(rif)

BERBAGI