Beranda Pilkada Serentak 2018 Masa Tenang, Tim Gabungan Sapu Bersih APK Pilgub Jateng

Masa Tenang, Tim Gabungan Sapu Bersih APK Pilgub Jateng

BERBAGI
Tim gabungan mulai menertibkan alat peraga kampanye di sejumlah titik di Sukoharjo. (foto: Ade Ujianingsih/jatengpos)
JATENGPOS.CO.ID, SUKOHARJO – Memasuki tahapan masa tenang Pilkada serentak di seluruh Indonesia. Minggu (24/6) kemarin tim gabungan terdiri, Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu), Dinas Satpol PP, Kepolisian serta  Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) menggelar operasi pembersihan alat peraga kampanye (APK) pemilihan gubernur (Pilgub) Jateng 2018.
Sejumlah APK berupa spanduk, banner dan baliho bergambar paslon Pilgub Jateng nomor urut 1 dan 2 yang terpasang di berbagai sudut jalan di 12 kecamatan se Kabupaten Sukoharjo dilepas untuk kemudian dibawa ke kantor Satpol PP.
Ketua Panwaslu Sukoharjo, Bambang Muryanto, usai penertiban APK, mengatakan, sesuai Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU), hari pencoblosan akan dilaksanakan pada, Rabu 27 Juni mendatang. Dan saat ini telah memasuki masa tenang.
“Tahapan masa tenang Pilgub serentak dimulai hari ini (Minggu) hingga Selasa, selama 3 hari (24-26 Juni). Operasi pembersihan APK kami lakukan bersama tim gabungan selama 2 hari, di mulai hari ini dan besuk,” terang Bambang.
Dijelaskan Bambang, dalam memasuki masa tenang seluruh APK harus dilepas atau diturunkan semuanya. Selain itu, diminta kepada seluruh tim kampanye masing – masing paslon maupun paslon itu sendiri untuk tidak melakukan kegiatan kampanye dalam bentuk apapun selama masa tenang.
“Jika masih ada paslon atau tim sukses melakukan kecurangan-kecurangan saat masa tenang, seperti melakukan kampanye, money politik, bagi-bagi sembako, sara, intervensi serta intimidasi terhadap pemilih, maka kami akan mengambil tindakan sesuai Peraturan dan ketentuan undang-undang yang berlaku,” katanya.
Di Sukoharjo, dalam memantau dan menyisir APK, tim gabungan di bagi menjadi 4 tim, dimana masing-masing tim di pimpin 1 Komisioner Panwaslu dan Kepala Sekretariat dengan daerah operasi pembersihan setiap tim mencakup 3 Kecamatan.
“Selain itu, tim gabungan juga melibatkan seluruh anggota Panwas Kecamatan di tiap wilayah masing – masing. Targetnya, sampai dengan besok semua APK harus sudah diturunkan,”tandas Bambang (hfd/dea)
BERBAGI