Beranda Ekonomi Masuk Masa Panen, Harga Cabai di Semarang Turun

Masuk Masa Panen, Harga Cabai di Semarang Turun

96
BERBAGI
CABAI- Salah seorang pedagang di Pasar Peterongan Semarang, Darti, tengah menimbang cabai. FOTO : ANING KARINDRA/JATENG POS
CABAI- Salah seorang pedagang di Pasar Peterongan Semarang, Darti, tengah menimbang cabai. FOTO : ANING KARINDRA/JATENG POS

JATENGPOS.CO.ID, SEMARANG – Memasuki masa panen cabai di sejumlah daerah, harga cabai di Kota Semarang, Jawa Tengah cenderung mulai mengalami penurunan harga. Penurunan yang terjadi sendiri sudah dimulai sejak sepekan terakhir.

Salah seorang pedagang di Pasar Peterongan Semarang, Darti mengatakan, harga cabai rawit merah saat ini bisa dibeli dengan Rp 25.000 per kilogram. Padahal sebelumnya, harga cabai dijual Rp 40.000 per kilogram

“Harganya turun. Biasanya Rp 35.000 sampai Rp 40.000 per kilogram. Sekarang Rp 25.000. Kan lagi panen jadi ini sudah satu mingguan (penurunan),” jelas Darti, kemarin.

Darti mengatakan, penurunan harga cabai tidak hanya pada jenis cabai rawit merah saja, namun cabai tampar juga mengalami penurunan harga.

“Kalau cabai tampar penurunannya tidak sebanyak cabai rawit merah, kalau cabai tampar yang awalnya Rp 22.000 per kilogram, sekarang Rp 20.000 per kilogram,” jelasnya.

Senada dengan Barokah, pedagang lainnya, Atmini menyebutkan, harga cabai yang ia jual mengikuti pergerakan pasokan, di mana saat ini ia menjualnya cabai rawit Rp 27.000 per kilogram dari sebelumnya Rp 40.000 per kilogram.

“Lagi murah. Di sini rawit merah Rp 25.000 per kilogram biasanya Rp 40.000. Lagi banyak pasokannya,” tandasnya.(aln)

BERBAGI