Beranda Sekolah Hebat Opini Guru Media Audio Visual Ciptakan Pembelajaran Yang Menyenangkan

Media Audio Visual Ciptakan Pembelajaran Yang Menyenangkan

BERBAGI
Mariya Oktaviana Kisnawati, S.Pd Guru Bahasa Inggris SMA N 1 Kendal
Mariya Oktaviana Kisnawati, S.Pd Guru Bahasa Inggris SMA N 1 Kendal

JATENGPOS.CO.ID, – Memiliki kemampuan berbahasa asing sudah menjadi kebutuhan mendasar, di era globalisasi. Perkembangan zaman menuntut kita untuk menguasai lebih dari satu bahasa. Kita dapat memilih belajar bahasa yang kelak dapat mendukung pendidikan dan karier di masa depan. Salah satu bahasa yang menjadi pilihan untuk dipelajari adalah Bahasa Inggris. Mengapa Bahasa Inggris menjadi pilihan sebagian besar orang? Karena Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang sering digunakan oleh orang di seluruh dunia untuk berkomunikasi. Artinya, jika kita menguasainya, maka kita dapat berkomunikasi dengan orang diseluruh dunia. Ini merupakan sebuah keuntungan tersendiri bagi kita.

Namun dalam  kenyataannya, dalam proses mempelajari Bahasa Inggris banyak kendala yang kita hadapi. Salah satu kendala tersebut adalah cara belajar yang kita lakukan kurang menarik dan membosankan sehingga hasilnya kurang maksimal.

Bahasa Inggris merupakan sebuah keterampilan, untuk mempelajarinya kita perlu tahu cara yang terbaik dan menyenangkan.Cara yang terbaik adalah dengan menciptakan suasana belajar yang menyenangkan sehingga kita merasa nyaman dan menikmatinya.

Selanjutnya, keterampilan tidak akan dapat dikuasai dengan baik tanpa latihan secara rutin dan tekun. Latihan secara rutin dan tekun pun tidak akan bisa maksimal jika kita  melakukannya dengan cara yang kurang kita nikmati. Jadi, kita harus mengetahui seperti apa cara belajar Bahasa Inggris yang bisa kita nikmati. Cara yang menyenangkan akan membantu kita melalui proses pembelajaran dengan baik, tanpa stress dan tekanan.

Untuk mendapatkan pembelajaran yang menyenangkan, langkah yang kita harus lakukan adalah menemukan terlebih dahulu hal-hal yang membuat kita merasa senang. Kemudian , kita dapat menyisipkan hobi tersebut dalam mempelajari Bahasa Inggris. Misalnya, kita adalah orang yang menggemari film-film Hollywood.  Kita bisa menyaksikan film-film tersebut. Lantas bagaimanakah cara kita belajar Bahasa Inggris melalui menonton film? Pada saat menyaksikan film tersebut kita bisa sesekali menghilangkan teks bahasa Indonesia dan mencoba menyaksikannya tanpa teks. Kita coba pahami jalan cerita dan dialog-dialog yang terdapat di dalam film tersebut tanpa teks. Dengan cara ini, kita dapat melatih kemampuan mendengar dan memahami. Pada saat mengalami kesulitan, kita dapat mengubah teks Bahasa Indonesia menjadi teks Bahasa Inggris. Hal ini berguna untuk mencocokkan apa yang kita dengar dengan apa yang tertulis. Ini akan memudahkan kita untuk berlatih listening.

Selain hobi menyaksikan film, mungkin kita juga menggemari lagu-lagu Barat , misalnya lagu-lagu Westlife. Sambil mendengarkan kita juga bisa menyanyikan lagu-lagu tersebut. Cara ini juga menyenangkan untuk belajar Bahasa Inggris. Kita bisa menelusuri lirik lagu tersebut, serta memperhatikan kata-katanya.  Ketika kita mendapatkan kesulitan memahami maksud lagu dan menemukan kata-kata  atau susunan kalimat yang membingungkan, kita bisa mengatasinya dengan membuka kamus, lalu cari arti dari kata-kata tersebut. Kemudian, kita rangkai hasil terjemahan kita sampai kita memahami maksud dari lagu itu. Dengan mempraktikkan cara ini kita menemukan cara belajar Bahasa Inggris melalui musik yang menyenangkan.

Disamping cara tersebut di atas, ada lagi cara yang bisa dikatakan sedang tren saat ini, yaitu dengan menonton tayangan berbahasa Inggris melalui YOU TUBE. Banyak tayangan yang menarik dan bermanfaat yang kita dapatkan dari menonton vlog-vlog berbahasa Inggris. Disamping dapat belajar memahami bahasa mereka kita juga dapat mengetahui banyak budaya dari negara-negara lain. Hal ini sudah pasti dapat meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris dan wawasan kita terkait dengan negara lain. Dengan mempraktikkan cara-cara tersebut diatas kemampuan Bahasa Inggris kita tentunya akan semakin meningkat dan terasah. Selamat mencoba!

Mariya Oktaviana Kisnawati, S.Pd

Guru Bahasa Inggris SMA N 1 Kendal

BERBAGI