Beranda Sekolah Hebat Opini Guru Media Realita Tingkatkan Prestasi Belajar Matematika ATG

Media Realita Tingkatkan Prestasi Belajar Matematika ATG

57
BERBAGI
Suparna, S.Pd Guru SLB-C YPALB Karangayar
Suparna, S.Pd Guru SLB-C YPALB Karangayar

Anak tunagrahita (ATG) merupakan salah satu siswa luar biasa yang termasuk golongan siswa berkelainan mental, kemampuan intelektualnya berada di bawah rata-rata, kemampuan berfikirnya rendah, perhatian dan daya ingatnya lemah, sukar berpikir abstrak, serta tidak mampu berpikir yang logis.
Istilah mengenai anak tunagrahita, yaitu terbelakang mental, tuna mental, lemah otak, dan lemah pikiran. Menurut Santoso (2010), “Anak tunagrahita adalah individu yang memiliki tingkat kecerdasan di bawah rata-rata dan disertai dengan ketidakmampuan dalam adaptasi perilaku yang muncul dalam masa perkembangan”. Anak tunagrahita memiliki fungsi intelektual umum di bawah rata-rata IQ 70, muncul sebelum usia 18 tahun, menunjukkan hambatan dalam perilaku adaptif (Geniofam, 2010).

Kondisi atau hambatan yang dialami siswa tunagrahita sangat komplek, maka pendidikan harus disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan masing-masing siswa. Hal ini tidak terkecuali dalam pembelajaran matematika. Upaya untuk meningkatkan kemampuan siswa tunagrahita dalam belajar matematika diperlukan strategi dan metode belajar mengajar yang disesuaikan dengan kebutuhan, karakteristik siswa agar pelaksanaan proses belajar mengajar berjalan lebih efektif, efisien, sehingga membawa hasil yang optimal.

Pada kenyataan yang ada, pada anak tunagrahita kelas VIII di SLB-YPALB Karanganyar diketahui prestasi belajar matematika dengan KKM 65 dari 3 siswa yang mencapai ketuntasan belajar yaitu mendapat nilai 65 lebih terdapat 1 siswa dan masih terdapat 2 siswa tidak mencapai KKM. Prestasi belajar matematika yang belum tuntas dimungkinkan karena kualitas perencanaan pembelajaran dan kualitas proses belum sesuai yang diharapkan sehingga kualitas output atau hasil belajar secara klasikal belum mencapai KKM.

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan prestasi belajar matematika siswa tunagrahita, seperti dalam penyampaian materi pelajaran guru hendaknya menggunakan sesuatu yang konkret, mudah dipahami. menggunakan contoh-contoh yang sederhana, menggunakan bahasa yang mudah dipahami, dilakukan dalam situasi yang menarik dan menyenangkan, dengan metode yang berganti-ganti supaya anak tunagrahita tidak lekas jemu sehingga termotivasi untuk belajar. Dalam pembelajaran, guru hendaknya menggunakan alat peraga yang disesuaikan dengan kondisi anak untuk memperjelas pelajaran yang disampaikan. Selain itu penggunaan media juga penting dalam menigkatkan prestasi belajar matematika. Salah satu media yang bisa digunakan untuk meningkatkan prestasi belajar matematika siswa tunagrahita adalah dengan menggunakan media realita.

Pada dasarnya matematika bersifat abstrak, namun dengan pendekatan realistik maka pembelajaran matematika disajikan dalam persoalan kontekstual dengan keadaan dunia nyata yang digunakan baik sebagai bahan penerapan konsep maupun untuk mengembangkan keterampilan matematika. Realistik dalam pembelajaran matematika diartikan sebagai sesuatu yang dapat dibayangkan dan sangat nyata dalam pikiran anak, bahkan dapat dialami secara langsung oleh anak.

Belajar mengajar dengan media realitas secara teknis dilakukan bermula dari konkret, semi konkret, baru kemudian ke abstrak, kemudian pemberian latihan yang cukup dan penerapan ke dalam berbagai situasi serta bekerja dalam kelompok. Pembelajaran matematika pokok bahasan uang pada siswa tunagrahita kelas VIII SLB-C YPALB Karanganyar, guru menggunakan pendekatan matematika realita mata uang asli. Dalam pembelajaran langkah-langkah yang digunakan adalah konsep pembelajaran dengan pendekatan realistik, siswa dapat menemukan konsep sendiri dengan media atas bimbingan guru. Guru berusaha untuk mencari pemecahannya. Penggunaan media realita merupakan alternatif pemecahan masalah, dengan menggunakan pendekatan realistik hasil prestasi pembelajaran matematika siswa tunagrahita kelas VIII SLB-C YPALB Karanganyar meningkat.

Suparna, S.Pd
Guru SLB-C YPALB Karangayar

BERBAGI