Beranda Sekolah Hebat Opini Guru Melatih Siswa Bertanggung Jawab

Melatih Siswa Bertanggung Jawab

27
BERBAGI
SURYATI AFIYANI, SPd GURU SDN GESING PURWODADI
SURYATI AFIYANI, SPd GURU SDN GESING PURWODADI

JATENGPOS.CO.ID, – Sering kita membaca, mendengar bahkan mengucapkan istilah “TANGGUNG JAWAB”. Apa sebenarnya yang dimaksud dengan tanggung jawab ? Siapa yang melaksanakan ? apa kebaikan dan keburukannya ?  Bagaimana cara menumbuhkannya ? Siapa yang harus membentuknya ? Mari kita bahas tentang tanggung jawab tersebut.

Ada beberapa definisi istilah tanggung jawab yang dikemukakan oleh para ahli, antara lain : 1. Menurut Fredrich August Von Hayek pada hakikatnya hanya masing –masing individu yang dapat bertanggung jawab dan yang memikul akibat dari perbuatan mereka. 2. George Bernard Shaw mengatakan orang yang dapat bertanggung jawab terhadap tindakannya dan mempertanggungjawabkan perbuatannya hanyalah orang yang mengambil keputusan dan bertindak tanpa tekanan dari pihak manapun atau secara bebas. 3. Sugeng Istanto mengatakan pertanggungjawaban berarti kewajiban memberikan jawaban yang merupakan perhitungan atas semua hal yang terjadi dan kewajiban untuk memberikan atas kerugian yang mungkin ditimbulkannya. 4. Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) pengertian tanggung jawab adalah keadaan dimana wajib menanggung segala sesuatu, sehingga berkewajiban menanggung, memikul jawab, menanggung segala sesuatunya atau memberikan jawab dan menanggung akibatnya.

Dari pengertian tersebut dapat disimpulkan bahwa tanggung jawab merupakan keadaan seseorang berkewajiban menanggung resiko akibat perbuatan yang dilakukannya. Dengan demikian tanggung jawab dilakukan oleh individu yang bisa berakibat baik atau buruk dengan resiko harus menanggung akibat dari perbuatannya. Mengingat akibat yang timbul bisa baik dan buruk oleh karena itu terhadap individu perlu dididik untuk menjadi manusia yang bertanggung jawab.

Melatih siswa agar bertanggung jawab dapat dilakukan di rumah oleh orang tua dan seorang guru pada waktu di lingkungan sekolah. Bagaimana kita dapat menumbuhkan rasa tanggung jawab disetiap diri siswa. Ada bebarapa cara yang dapat dilakukan guru dalam melatih siswa supaya mempunyai karakter bertanggung jawab.

  1. 1. Beri beberapa tanggung jawab : siswa dapat diberikan tugas rutin yang harus dilaksanakan antara lain menunjuk ketua kelas, piket menyapu kelas, menata buku pelajaran yang ada di kelas, merapikan meja dan kursi sebelum pulang dan lainnya. 2. Beri kesempatan mengambil keputusan : kita bisa memberikan kesempatan siswa untuk memilih beberapa pilihan atas tugas yang diberikan guru, hal ini dapat mendidik siswa mandiri dan bertanggung jawab atas pilihannya sendiri. 3. Melatih menjalankan tugas : yaitu membiarkan siswa menjalankan tugasnya sesuai dengan kemampuan masing- masing, siswa akan mencoba dengan caranya sendiri. Tugas guru disini hanya memantau dan mengarahkan sehingga tidak terjadi kekeliruan. 4. Memberi contah yang baik : guru dalam setiap hari harus menjadi tauladan baik perbuatannya, perkataannya termasuk konsekwensinya. Misalnya jika guru berjanji maka harus ditepati, tepat waktu dan lainnya. Manfaatkan informasi baru : guru dapat memberikan informasi baru kepada siswa untuk menambah pengalaman. Antara lain melalui buku – buku cerita, komik, film pendidikan, gambar yang diperoleh dari internet dan lain – lain.

Masih banyak cara yang dapat ditempuh guru dalam melatih siswanya agar tumbuh rasa tanggung jawab, hal ini tergantung kemauan dan kreatifitas guru masing- masing. Untuk mendidik siswa sangat diperlukan daya inovasi sehingga siswa dalam menerima ilmu tidak menjadi bosan. Banyak fasilitas yang dapat dimanfaatkan oleh yang bersumber dari dilingkungan sekolah.

SURYATI AFIYANI, SPd

GURU SDN GESING PURWODADI

 

BERBAGI