JATENGPOS.CO.ID, SEMARANG – Jika ingin memanjakan lidah sembari memanjakan mata, tak salah jika Anda memilih tempat makan yang berada di areal agro wisata. Seperti yang bisa Anda temukan di Hortimart Agro Center, Bawen. Salah satu tujuan wisata unggulan Kabupaten Semarang ini kini dilengkapi resto yang memadai. Aneka menu tradisional hingga western dapat ditemukan di sini.

Pengunjung tidak hanya terpuaskan menikmati aneka menu yang tersaji, lebih itu bisa menikmati suasana rileks dengan berkeliling kebun buah dan sayur yang ada di sekitar resto. Bahkan, pengunjung bisa memetik sendiri aneka buah saat masa panen masing-masing jenis buah di kebun tersebut, seperti buah mangga, rambutan, klengkeng,  jeruk, melon, durian dan lain sebagainya.

Karena keunggulan tersebut, resto yang berada di areal kebun buah dan sayur Hortimart Agro Centre ini menjadi jujugan para pecinta kuliner dari Kota Semarang maupun dari luar kota. Kebanyakan mereka datang berombongan bersama keluarga, ada juga rombongan anak-anak dari sekolahan yang sedang menggelar outing class atau studi tour.

Ada dua resto di areal Hortimart Agro Center ini, yakni Agro Resto dan Green Resto. Yang membedakan dari kedua resto ini, selain sajian menu yang mendominasi juga karena nuansa lokasi yang berbeda. Agro Resto lebih didominasi menu pesanan siap saji yang diperuntukkan untuk pengunjung reguler.

Sedangkan Green Resto lebih didominasi menu vegetarian dan tradisional yang disiapkan dalam sajian prasmanan. Diperuntukkan bagi pengunjung yang datang berombongan dan sebelumnya sudah terlebih dulu memesan (reservasi). Ada beberapa paket yang disuguhkan di Green Resto, namun yang menjadi favorit dan unggulan di sini adalah menu vegetarian.

“Perbedaan tidak hanya menu dan cara penyajian, lokasinya juga berbeda. Seperti Agro Resto berada di bagian depan areal Hortimart sehingga memudahkan pengunjung reguler untuk memesan. Kalau Green Resto berada masuk ke dalam kebun, biasa untuk tamu reservasi yang datang bersama rombongan,” ujar Sekretaris Hortimart Agro Center, Erma Tama kepada Jateng Pos, kemarin.

Dijelaskan, lokasi kedua resto menawarkan view yang berbeda. Agro Resto lokasinya lebih tinggi dari kebun sehingga terlihat pemandangan kebun yang terhampar luas dari atas. Selain itu terlihat juga panorama perbukitan sekitar yang menghijau dan asri.  Sedangkan Green Resto lokasinya agak bawah masuk ke dalam kebun, pemandangan sekitar menyatu dengan suasana kebun.

“Karena lokasi Green Resto berada di tengah kebun kami menawarkan banyak paket untuk tamu. Seperti paket makanan terdiri dari menu pembuka, menu utama, dan menu penutup. Di samping itu biaya paket tersebut sudah termasuk untuk petik buah langsung di kebun dan sewa mobil wisata keliling. Penyajian makanan kita suguhkan prasmanan,” jelas Tama.

Diantara menu yang spesial di Green Resto, menurut Tama adalah menu khusus vegetarian.  Menu dengan nama Paket New Green Resto tersebut seluruh bahan-bahannya tidak mengandung daging atau ikan. Murni dari bahan nabati dan telur. Terdiri dari makanan pembuka; berupa bubur ubi dan teh hangat. Makanan utama; soup sayur, nasi putih, pecel/gudangan, tahu tempe bacem, telur dadar, mendoan, peyek, dan keripuk. Makanan penutup; rujak buah, salad sayur jus buah, dan  air mineral.

“Selain itu ada menu lain yang juga didominasi dari bahan-bahan nabati. Yakni  Paket Green Resto Yummy, Paket Green Resto Vege dan Paket Green Resto Healthy. Ketiga paket ini bedanya dengan New Green Resto yakni ada bahan hewaninya yakni daging ayam dan udang. Kami menyediakan kedua bahan karena ada juga tamu yang merasa belum puas makan kalau belum makan daging atau ikan,” jelasnya lagi.

Seperti Paket Green Resto Yummy diantaranya menu makanan pembukanya adalah; bubur kacang hijau, risoles dan kripik. Makanan utama; sayur asem, nasi putih, tumis daun papaya, honey chicken wings, bihun goreng jamur, tumis, kerupuk. Makanan penutup; slice fruit, ice cream, jus buah dan air mineral.

Paket Green Resto Vege dengan menu makanan pembuka; bubur ubi, martabak dan lepet jagung, teh hangat. Makanan utama; soup janur, nasi putih atau kongbab, pecel, bakmie goreng, ayam goreng, tahu bacem, mendoan, dan kerupuk. Makanan penutup; pudding, ice cream, slice fruit, jus buah dan air mineral.

Paket Green Resto Healthy terdiri dari menu makanan pembuka; roti gulunng sosis, ongol ongol, teh dan kopi. Menu makanan utama; chicken corn soup, nasi putih cap jay sayur, acar kuah kuning,  udang goreng tepung, dan kerupuk. Makanam penutup yakni, slice fruit, jus buah dan air mineral.

“Ada juga paket Green Lunch Box yang berisi menu nasi putih, tumis sayur, telur balado, ayam goreng,  sambal,  kerupuk dan slice fruit,” tambahnya.

Laman: 1 2