Beranda Sekolah Hebat Opini Guru Membangun Karakter Bangsa melalui Olahraga

Membangun Karakter Bangsa melalui Olahraga

2378
NISAM Guru SDN 2 Jembangan
NISAM Guru SDN 2 Jembangan

JATENGPOS.CO.ID, – Perkembangan zaman dapat merubah kepribadian suatu bangsa yang telah tertanam bertahun tahun lamanya. Pengaruh perkembangan zaman memberikan dampak positif sekaligus dampak negatif bagi bangsa ini. Tidak dapat dipungkiri masyarakat indonesia telah banyak mengadopsi budaya barat sebagai gaya hidup hingga kebudayaan Indonesia mulai terkikis secara pelahan.

Untuk mencegah pengaruh negatif globalisasi tentunya sangat dibutuhkan ndividu yang berkarakter dan memegang teguh nilai kebangsaan dan dalam setiaps epak terjangnya menjunjung tinggi nilai dan budaya bangsa. Hal tersebut dapat diperoleh melalui pendidikan, baik di lingkungan sekolah maupun masyarakat. Pendidikan merupakan salah satuf aktor yang sangat penting dalam kehidupan seseorang karena pendidikan dapat membentuk pribadi yang bertanggung jawab. Melalui pendidikan mental dan karakter dapat terbangun. Olahraga merupakan media pendidikan yang seharusnya dan selayaknya menjadi pilar keselarasan serta keseimbangan hidup sehat dan harmonis. Olah raga merupakan pilar penting karena jiwa fairplay, sportivitas, team work, dan nasionalisme dapat dibangun melalui olah raga. Olah raga bukan sekedar kegiatan yang berorientasi kepada factor fisik belaka, olah raga juga dapat melatih sikap dan mental kita menjadi karakter yang baik. Hal tersebut seiring dengan pepatah dalam dunia olahraga, “Men Sana in Corpora Sanno” yaitu di dalam tubuh yang kuat akan terdapat jiwa yang sehat pula.

Olah raga pada hakikatnya adalah miniature kehidupan, esensi dari kehidupan manusia dalam keseharian dapat dijumpai pula dalam olahraga. United Nations (suatu organisasi non-pemerintah terakreditasi (LSM) di PBB) (2003) menyatakan bahwa olah raga merupakan instrumen yang efektif untuk mendidik kaum muda terutama dalam nilai-nilai. Menurut United Nations sejumlah  nilai yang ada dan dapat dipelajari melalui aktivitas olah raga meliputi: cooperation (kerjasama), communication (komunikasi), respect for the rules (menghargai peraturan), problem-solving (memecahkan masalah), understanding (pengertian), connection with others(menjalin hubungan dengan orang lain), leadership (kepemimpinan), respect for others (menghargai orang lain), value of effort (kerja keras), how to win (strategi untuk menang) , how to lose (strategi jika kalah), how to manage competition (cara mengatur pertandingan), fairplay(bermain jujur), sharing (berbagi), self-esteem (penghargaandiri), trust (kepercayaan), honesty (kejujuran), self-respect (menghargai diri sendiri), tolerance (toleransi), resilience (kegembiraan dan keuletan), team-work (kerjasama sekelompok), discipline (disiplin) danconfident (percaya diri).

Hasil penelitian juga menunjukkan adanya pengaruh aktivitas olah raga terhadap dimensi pribadi, seperti konsep diri, stress, penyimpangan perilaku dan integrasisosial. Hasil studi beberapa ahli menunjukkan bahwa: 1. Remaja yang aktif dalam olah raga, penyimpangan perilakunya lebih kecil dibandingkan remaja yang tidak berpartisipasi dalam olah raga. 2. Remaja yang terlibat dalam aktivitas fisik lebih memiliki ketahanan dan mampu mengatasi stressor dari lingkungannya. 3. Remaja pada umumnya membutuhkan dukungan sosial, tidak saja dari kelompoknya melainkan juga dari kelompok dan institusi lainnya. 4. Remaja yang terlibat aktif dalam kegiatan olah raga menunjukkan tingkat kepercayaan dirinya (self confidence) lebih tinggi dari pada remaja yang tidak aktif terlibat dalam kegiatan olah raga.

Pada akhirnya betapapun baik dan mulianya nilai-nilai luhur yang terkandung dalam olah raga tidak akan mempunyai makna apa pun jika tidak diimplementasikan dalam kehidupan nyata.Sungguh bukan pekerjaan yang mudah, namun dengan adanya komitmen dari semua pihak tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini. Dengan didukung oleh semua pihak mudah mudahan tekad untuk menjadikan olah raga sebagai instrument untuk membangun nilai dan karakter bangsa dapat menjadi kenyataan.

NISAM

Guru SDN 2 Jembangan