Beranda Otomotif Memilih Sepeda Motor Baru, Kebutuhan atau Kemampuan Berkendara?

Memilih Sepeda Motor Baru, Kebutuhan atau Kemampuan Berkendara?

13
Motor Honda :All New Honda Scoopy yang berkarakter unik dan fashionable ini tetap tinggi dengan desain, mesin, rangka, dan fitur barunya

JATENGPOS.CO.ID,  SEMARANG  – Kita tentu mengerti bahwa berkendara di kondisi tertentu, membutuhkan postur tertentu untuk mencapai hasil yang maksimal. Postur pembalap yang sangat berbeda dengan pengendara motor jalan raya. Pembalap sirkuit menggunakan postur merunduk mengikuti bentuk bodi motor. Postur ini digunakan untuk mengurangi celah terbuka yang membuat aliran angin terhambat sehingga kemampuan meluncur motor tertahan.

Selain dilihat dari tujuan yang ingin dicapai, medan yang dihadapi juga menjadi faktor pembeda. Berkendara di jalan tanah atau off road biasanya membutuhkan kemampuan menjaga keseimbangan lebih tinggi untuk mempertahankan laju motor. Sehingga, membutuhkan roda depan yang lebih besar diameternya untuk melalui rintangan, ban kasar dan mesin karakter torsi.

Pemilihan motor harus disesuaikan dengan medan, kondisi dan kebutuhan. Menggunakan motor harus dapat mendukung aktivitas penggunannya. Untuk itu, Oke Desiyanto selaku Safety Riding Supervisor Astra Motor Jawa Tengah akan memberikan beberapa tips #Cari_Aman tentang bagaimana menentukan agar kendaraan yang akan kita beli itu cocok, sesuai, nyaman dan menyenangkan.

Berikut hal mudah yang harus diperhatikan saat memilih motor :

  1. Kebutuhan

Misalnya, untuk penggunaan motor sehari – hari seperti bekerja, berbelanja ke pasar, antar jemput anak, sekolah, berkomunitas atau bahkan hobi. Kebutuhan sehari – hari bisa memilih fungsional (lebih mengutamakan fungsi, praktis dan irit tentunya), komunitas atau hobi bisa disesuaikan dengan kegemaran terhadap motor berkemampuan khusus atau bentuk yang khas.

  1. Kondisi jalan yang sering dilalui

Jalan dalam atau luar kota, jalanan sempit atau lebar dan melewati jalanan macet. Hal ini menentukan profil ban, kehandalan suspensi, ketinggian motor dari tanah, kemudahan mengendalikan motor berhubungan dengan posisi berkendara sehingga membantu anda lebih siap melaluinya dan tentunya aman dan nyaman.

  1. Dimensi kendaraan

Dimensi ini juga menentukan kemudahan dan kepraktisan dihubungkan dengan kepadatan dijalan dan ruang yang selalui dilalui. Sangat berhubungan dengan kemudahan dan praktis.

  1. Biaya operasional

Kemampuan jarak jelajah motor, kapasitas tangki dan nilai ekonomisnya operasional motor, ini penting untuk memilih motor karena alasan fungsional. Alasan kompetisi atau hobi tidak masalah dengan hal ini.

  1. Fitur yang mendukung kegiatan sehari – hari

Keunggulan mempermudah berkendara dan menunjang aktivias sehari – hari, sebagai contoh yang berhubungan dengan keselamatan yaitu adalah Combi Brake System (CBS) ini membantu pengendara dalam hal performa pengereman yang baik, rangka yang rigid dan mudah bermanuver, indikator ECO memudahkan kita memantau pola berkendara hemat, indikator penggantian oli, indikator kekuatan battery, volume bagasi dalam hal barang bawaan, power outlet atau usb power dan lain sebagainya .

  1. Kemampuan motor

Kemampuan motor berhubungan dengan manuver dan kelincahan, dimana dimensi, berat dan karakter mesin sangat berpengaruh. Makin besar dimensi motor, cc mesin dan tinggi kendaraan pasti membutuhkan kemahiran yang lebih untuk mengendalikan sepeda motor agar tetap aman dan nyaman.

“Dari sudut pandang safety riding, motor yang seusai dengan tinggi pengendara dan ergonomis (postur) adalah yang disarankan, motor yang memiliki kemudahan dikendalikan karena mudah bermanuver dan tenaga mesin yang ramah sangat direkomendasikan agar mencegah terjadinya kecelakaan sebagai pertimbangan utama” terang Oke.(Prap)