Beranda Sekolah Hebat Opini Guru Mengenal Flora Fauna Indonesia dengan Pe-Tem

Mengenal Flora Fauna Indonesia dengan Pe-Tem

592
RITA AS, S.Pd., M.Pd. SMP NEGERI 3 KRADENAN
RITA AS, S.Pd., M.Pd. SMP NEGERI 3 KRADENAN

JATENGPOS.CO.ID – Kurikulum 2013 dirancang untuk mengembangkan kompetensi peserta didik secara utuh, tidak hanya aspek pengetahuannya tetapi juga sikap dan ketrampilannya. Diharapkan tidak hanya memiliki wawasan ilmu pengetahuan yang luas melalui berbagai aspek saintifik dalam pembelajarannya tetapi juga memiliki sikap spiritual dan sosial yang baik.

Disamping itu, mereka mampu menyajikan atau mengkomunikasikan berbagai gagasan yang diperoleh selama dalam kegiatan pembelajaran. Dalam proses pembelajaran kita sebagai pendidik khususnya sangat penting untuk mengetahui media pembelajaran untuk memfasilitasi terjadinya proses interaksi saat belajar mengajar.

Pengetahuan mengenai media pembelajaran harus diketahui dari hal yang dasar hingga perkembangannya saat ini sesuai dengan keadaan pada saat ini. Tujuan dari proses belajar mengajar adalah sebuah pengetahuan dapat tersampaikan, terserap, dan tersalurkan dengan baik kepada peserta didik.

Metode mengajar yang dipilih oleh tenaga pendidik akan berpengaruh terhadap jenis media pembelajaran yang digunakan. Media pembelajaran dijadikan sebagai sebuah alat untuk menyalurkan materi yang disampaikan oleh tenaga pendidik kepada peserta didik. Sehingga tidak dapat dipungkiri bahwa dalam proses belajar mengajar, media pembelajaran mempunyai peran yang penting yaitu sebagai alat bantu mengajar yang akan mendukung keefektifan proses penyampaian pesan dan isi dari pengetahuan yang disampaikan.

Selain itu juga harus mengenali karakter peserta didik dan pengetahuan yang disampaikan, sehingga pemilihan jenis media pembelajaran yang digunakan dapat disesuaikan dan proses pembelajaran dapat menjadi lebih menarik dan diminati oleh peserta didik.

Pemilihan Peta Tempel (PE-TEM) ini dipersiapkan untuk peserta didik Sekolah Menengah Pertama (SMP), terutama peserta didik kelas VII, yang berisi materi yang berkaitan dengan Sub-Kompetensi “Kondisi Fisik Wilayah Indonesia “khususnya mempelajari tentang Persebaran Flora Fauna Indonesia, dengan menggunakan PE-TEM ditujukan untuk mengembangkan minat belajar peserta didik, agar dapat mengidentifikasi jenis flora dan fauna di Indonesia, guru juga membuatkan alat peraga peta tempel.

Dengan demikian program pengajaran IPS ini dapat membekali para peserta didik untuk mengenal lingkungannya terutama persebaran flora fauna Indonesia. Untuk mencapai fungsi pengajaran IPS, ditekankan pada pencapaian ranah kognitif, psikomotorik, dan afektif. Ketiga ranah ini tercermin dari penguasaan materi pokok, pelaksanaan dan aplikasi materi yang dihubungkan dengan kehidupan dan lingkungan peserta didik, serta pelaksanaan norma, etika dan sikap peserta didik.

Dengan menggunakan alat peraga ini diharapkan peserta didik dapat dengan mudah menjelaskan, membedakan dan mengidentifikasi persebaran flora fauna Indonesia,

Cara pembuatannya juga sangat sederhana yaitu : Siapkan kain kanvas yang sudah jadi, kemudian di gambar peta Indonesia, masing – masing pulau kemudian di beriwarna, setelah pengecatan selesai kemudian masing – masing pulau kita tempeli perekat untuk menempatkan gambar flora fauna, jangan lupa gambar flora fauna juga kita tempeli perekat (fastener tape) agar bisa di rekatkan pada peta tempel, peta tempel sudah jadi bias digunakan peserta didik.

Untuk pelaksanaan di kelas terlebih dahulu peserta didik di bagi menjadi beberapa kelompok kemudian tiap kelompok diberi lembar kerja yaitu gambar flora fauna Indonesia, dari gambar yang sudah diterima masing – masing kelompok kemudian salah satu perwakilan kelompok maju kedepan untuk menempelkan gambar tersebut ke peta tempel persebaran flora fauna, setelah itu dikoreksi Bersama dengan semua kelompok, jika ada kesalahan dalam menempel kelompok lain membetulkannya.

Jangan lupa guru memberikan reward atau penghargaan untuk kelompok yang mendapatkan nilai tertinggi, dari penghargaan yang diberikan tersebut akan memacu peserta didik untuk berlomba lomba meraih nilai tertinggi. Selamat bermain dan belajar.

RITA AS,S.Pd., M.Pd.
SMP NEGERI 3 KRADENAN