Beranda Travelling Kuliner Mengobati Rindu Kampung Halaman Dengan Berburu 10 Kuliner Natuna

Mengobati Rindu Kampung Halaman Dengan Berburu 10 Kuliner Natuna

189
Mengobati Rindu Kampung Halaman Dengan Berburu 10 Kuliner Natuna
Mengobati Rindu Kampung Halaman Dengan Berburu 10 Kuliner Natuna

JATENGPAOS.CO.ID, NATUNA – Bicara soal kuliner adalah satu hal yang sangat menyenangkan. Apalagi saat mudik lebaran, kuliner menjadi buruan wajib untuk mengobati rasa rindu. Seperti halnya Natuna. Selain destinasi alam yang berlimpah, natuna juga memiliki daya tarik tersendiri dibidang kuliner yang sudah melegenda di masyarakatnya.

Kebanyakan kuliner khas tradisional masyarakat natuna tentunya tidak bisa terlepas dari bahan baku lokal yang banyak terdapat di daerah tersebut misalnya seperti hasil laut dan sagu.

“Indonesia memang dikenal kaya akan ragam macam kebudayaannya, setiap daerah memiliki makanan khas yang kaya akan citarasa berbeda antara satu dengan lainnya. Beberapa makanan khas tradisional daerah ini tentunya sudah melegenda ditengah-tengah masyarakat, diwariskan secara turun temurun dari generasi kegenerasi sejak dahulu hingga sekarang. Natuna memiliki kuliner khas yang wajib diburu untuk melengkapi #PesonaMudik2019,” ucap Menteri Pariwisata Arief Yahya.

Hal ini juga diamini Kadispar Provinsi Kepri Buralimar. Baginya Natuna menyimpan kekayaan kuliner yang menarik untuk dieksplorasi.

“Rasa dan tampilan kuliner Natuna itu berbeda dengan daerah lainnya di Indonesia. Sangat menarik dan menggugah selera. Dan yang pasti diramu dan diracik dengan bahan-bahan segar. Sudah pasti akan menjadi santapan yang sangat nikmat,” ungkap Buralimar.

Bagi yang penasaran, berikut 10 kuliner khas Natuna yang wajib dicicipi saat libur Lebaran di Natuna.

1. Kernas

Kernas atau juga kadang disebut kasam ini adalah sejenis nungget yang terbuat dari ikan tuna atau tongkol segar hasil tangkapan laut natuna yang dihaluskan dengan campuran bahan khusus yaitu sagu butir. dimana sagu butir ini disebut juga sagu lemak oleh masyarakat melayu setempat.

Nugget asli natuna ini akan asik dan nikmat jika di makan selagi hangat. Kernas asli natuna ini rasanya enak dan gurih. Bentuknya berkeping-keping dan terdapat buliran sagu didalam maupun permukaannya. Biasanya disajikan sebagai makanan ringan dan dicocol saus rasa segar dan pedas.

2. Tabel Mando

Tabel mando atau juga kadang disebut tipeng mando, bahkan oleh sebahagian anak-anak muda sekarang ada yang menyebutnya pizza natuna.Tabel mando berbentuk bulat pipih layaknya pizza bergaya italia.

Bahan utama makanan khas natuna tabel mando dari sagu bulir dan seafood tidak kalah lezat dari pizza. Bahan campurannya bisa berupa ikan tongkol, tuna, kepiting atau gurita. Serta tambahan dengan kelapa muda yang di parut dan bumbu-bumbu halus disajikan dengan sambal khusus.

3. Ikan Salai/Asap

Kuliner yang satu ini menjadi primadona di Natuna. Kuliner ini memakai bukan ikan sembarangan, melainkan ikan tongkol segar. Pengolahannya pun melalui proses pengasapan satu sampai dua jam untuk mendapatkan hasil ikan asap yang berkualitas baik.

Ikan salai pun menjadi primadona wisatawan untuk dijadikan buah tangan untuk dibawa pulang.

4. Pedek

Pedok atau juga disebut pedek ada juga istilah calok/ cancalok adalah makanan olahan sejenis sambal salah satu makanan khas natuna juga dapat di temukan di kepulauan anambas. Yang terbuat dari ikan yang di defregmantasikan. Rasa khasnya adalah rasa ikan dan rasa asin.

5. Calok

Calok adalah sejenis sambal yang terbuat dari udang kecil. Rasanya tidak terlepas dari udang dan ada sedikit rasa asin. Biasanya ditambah cabe dan penyedap rasa untuk menambah rasa enak dari calok tersebut. Bisa disajikan dengan ikan asap atau ikan salai dan bersamaan dengan lalapan.

6. Kuah Tige

Kuah Tige adalah makanan khas dari Natuna dari zaman dahulu. Dinamakan kuah tige karena terdiri atas 3 jenis makanan digabung dalam 1 piring. Dari mulai sagu butir, rebus singkong dan parutan kelapa dan dikuahkan dengan gulai ikan. Rasanya sangat menyegarkan.

7. Latoh Silong/Shasimi Natuna

Jangan salah mengartikan, latoh silong bukan masakan tetapi makanan khas yang berasal dari tumbuh-tumbuhan laut natuna. Makanan satu ini mungkin terlihat aneh bagi yang belum pernah melihat sebelumnya, karena makanan ini disajikan dalam bentuk mentah sama seperti shashimi jepang.

Makanan satu ini berasal dari tumbuhan laut yang di sebut latoh atau anggur laut. Latoh silong biasanya disajikan dengan sambal sederhana cabe hijau untuk menambah nikmat ketika kita makan latoh silong natuna. Dipercaya sangat baik untuk kesehatan karena berasal dari tumbuhan alami yang kaya akan manfaat.

8. Bubo Pedies/Bubur Pedas

Bubur pedas merupakan kuliner legendaris masyarakat Melayu. Kuliner ini merupakan warisan Kesultanan Deli yang sudah ada sejak tahun 1909. Penyebarannya pun cukup luas. Dari mulai Medan, Riau, hingga Sambas Kalimantan Barat. Kuliner ini menjadi salah satu makanan yang wajib untuk dicicipi di setiap datangnya bulan suci Ramadan.

Makanan khas Melayu ini tidak hanya lezat tapi juga bisa menjadi makanan penghangat tubuh. Di mana bubur khas Melayu ini memiliki rasa dan aroma yang sangat khas. Sehingga membuat bubur pedas ini tidak hanya enak tapi juga menyehatkan.

9. Cikong

Nah kalau mau cari yang segar-segar, Natuna punya Cikong. Cikong ini merupakan jenis minuman segar dengan beberapa jenis bahan campuran yang digunakan. Ada kacang tanah, kacang hijau, kolang Kaling, santan, agar2 dan sirup.
Minum ini masih bisa ditemui dibeberapa warung makan yang ada di Ranai dan beberapa kecamatan di Kabupaten Natuna.

10. Nasi Dagang

Nasi Dogong atau Nasi Dagang merupakan salah satu makanan khas natuna. Sebenarnya Nasi Dagang seperti ini bisa dijumpai di negeri jiran, tetapi untuk apa jauh – jauh jia kita bisa menikmatinya di Kepualuan Natuna. Nasi yang mirip dengan nasi komplit atau nasi uduk ini menggugah selera untuk segera melahapnya.