Beranda Ekonomi Menlu Promosikan Potensi Jateng ke Puluhan Duta Besar, Ganjar Janjikan Kemudahan Investasi

Menlu Promosikan Potensi Jateng ke Puluhan Duta Besar, Ganjar Janjikan Kemudahan Investasi

1133
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo tampak sedang berbincang dengan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam pembukaan acara "Update from the Region: Windows of Jawa Tengah", di Hotel JS Luansa, Jl.HR Rasuna Said, Jakarta, Jumat (24/11). FOTO : DOK. DINAS KOPERASI DAN UMKM JATENG/JATENGPOS.CO.ID

JATENGPOS.CO.ID, JAKARTA – Kementerian Luar Negeri RI membantu mempromosikan potensi Provinsi Jawa Tengah kepada perwakilan negara-negara sahabat untuk menggaet lebih banyak investor ke provinsi tersebut.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi membuka acara “Update from the Region: Windows of Jawa Tengah”, di Hotel JS Luansa, Jl.HR Rasuna Said, Jakarta, Jumat (24/11). Acara tersebut dihadiri oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, duta besar dan perwakilan negara-negara sahabat, serta sejumlah kepala daerah di Jawa Tengah.

Acara UFTR adalah gagasan dari Pemprov Jateng dengan menggandeng Kementerian Luar Negeri dengan tujuan untuk memperkenalkan Produk2 UKM selain itu juga untuk perdagangan, investasi dan pariwisata

“Ruh dari kegiatan seperti ini adalah mendekatkan provinsi yang ada di Indonesia dengan pasar global yang dalam hal ini diwakili oleh kedutaan-kedutaan besar yang ada di Jakarta,” kata Menlu Retno usai membuka acara tersebut.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo pun memanfaatkan kesempatan tersebut untuk memaparkan berbagai potensi perdagangan, investasi, maupun pariwisata yang dimiliki Jawa Tengah serta kemudahan di sisi kebijakan kepada para duta besar dan perwakilan dari negara-negara sahabat.

“Ini tentu kesempatan emas bagi kami karena bisa bertemu langsung dengan para duta besar perwakilan negara-negara sahabat, perwakilan komunitas bisnis internasional dan kadin dari negara-negara sahabat untuk memperkenalkan Provinsi Jawa Tengah dan mengundang negara anda sekalian untuk datang dan berkunjung ke Jawa Tengah,” kata Ganjar.

Ganjar menuturkan bahwa sektor UKM yang bergerak di bidang antara lain pembuatan batik, furniture, interior, kerajinan bambu, dan keramik serta industri pendukung otomotif menjadi salah satu potensi investasi yang bisa digarap di Jawa Tengah.

“Ada harapan bahwa pertemuan ini akan membawa dampak positif bagi perekonomian Jawa Tengah ketika banyak UKM kami bisa berjualan kopi langsung ke negara bapak-ibu sekalian,” kata Ganjar.

Dalam acara Update from the Region tersebut digelar juga pameran produk-produk UKM dari Jawa Tengah.

Selain mempromosikan ke perwakilan negara-negara sahabat, Kementerian Luar Negeri juga aktif melalui perwakilan-perwakilan RI di luar negeri untuk mempromosikan potensi provinsi-provinsi yang ada di Indonesia, tutur Menlu Retno.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Jawa Tengah Ema Rachmawati mengatakan, dalam ajang UFTR tersebut pihaknya membawa 35 jenis produk unggulan Jawa Tengah.

Produk unggulan tersebut merupakan produk siap ekspor dan diharapkan dapat menarik perwakilan duta besar.

“Ada 35 jenis produk yang kami bawa dalam ajang UFTR ini. Produk itu merupakan produk unggulan yang sudah siap ekspor, seperti batik, keramik, kopi, dan aneka produk UMKM lainnya,” kata Ema.

Ema berharap ajang ini mampu meningkatkan investasi ekonomi serta penjualan produk UMKM unggulan Jawa Tengah.(adv/udi)