Beranda Travelling Kuliner Menu Khas The Wujil Resort dan Conventions Ungaran

Menu Khas The Wujil Resort dan Conventions Ungaran

BERBAGI
Chef Toyo menunjukkan menu spesial gurami telur asin. FOTO : ABDUL MUIZ/JATENGPOS.CO.ID

JATENGPOS.CO.ID, UNGARAN – Baru setahun dibuka, The Wujil Resort dan Conventions sudah dikenal masyarakat luas. Tidak lain karena memiliki keunggulan fasilitas yang nyaman dan asri hingga menarik tamu datang dari berbagai kota. Tidak kalah dengan daya tarik tersebut, aneka menu yang disajikan The Wujil juga menjadi alasan tamu berkunjung untuk menikmatinya.

Lokasi The Wujil Resort dan Conventions cukup strategis berada di dalam kota Ungaran, Kabupaten Semarang, tepatnya di Jalan Soekarno-Hatta Km.25.5 Ungaran. Tempat peristirahatan dan relaksasi ini oleh Pemerintah Daerah (Pemkab) Kabupaten Semarang telah dijadikan salah satu tujuan wisata unggulan yang masuk buku panduan bagi wisatawan.

Berada di jalur utama Semarang-Solo dan Semarang-Yogjakarta menjadikan mudah dijangkau dari jurusan manapun. Salah satu tujuan pengunjung datang ke tempat wisata yang dulunya merupakan komplek Rumah Makan (RM) Taman Indah Sari ini, adalah menikmati aneka kuliner spesial yang banyak ditemukan di sini.

Meneruskan beberapa resep yang dipunyai Taman Indah Sari yang sudah lama dikenal masyarakat Ungaran, beberapa sajian The Wujil masih menggunakan menu tradisional dan khas. Pengunjung bisa menemukan sayur lodeh khas dengan urap dan ikan gereh, sayur asam, sayur pencak, sayur jipang rambak tahu, pecel sayur, lodeh kluweh dan lodeh terong.

Begitu juga dengan menu baru yang banyak disukai pengunjung. Tersedia aneka olahan ikan yang diracik dengan menggabungkan konsep tradisional dan modern (western). Seperti ikan gurami telur asin, gurami terbang dengan aneka rasa pilihan, telur asin bumbu pedas, udang mayones dengan saos Indah Sari, cumi goreng tepung, cumi gongso Indah Sari, kakap telapia (fillet) rasa pilihan (asam manis dan bumbu rujak pedas), dan lain-lainnya.

Marcomm Officer The Wujil Resort dan Conventions, Gusti Ayu Tiara Narulita mengatakan ada dua resto yang tersedia dan menjadi pilihan pengunjung, yakni Main Resto dan Agra Launge. Disebutkan, yang membedakan kedua tempat makan istimewa itu, selain letaknya yang terpisah juga menu yang disajikan.

“Main Resto terletak di lantai dasar yang terhubung dengan ruang lobi dan menyatu dengan taman dan area kolam ikan. Di sini, menu yang disajikan banyak yang tradisional. Selain menu kolaborasi tradisional dan modern,” ujar Tiara kepada Jateng Pos.

Bagi pengunjung yang memilih menikmati makan di Main Resto bisa menentukan pilihan, karena di area ini ada banyak tempat unggulan. Selain di ruang utama yang menyatu dengan lobi, ada juga ruang VIP, gasebo dan selasar. Khusus untuk gasebo tidak perlu khawatir kehabisan karena ada 12 gasebo yang masing-masing bisa menampung 10 hingga 12 orang.

Sedangkan Agra Lounge, menurut Tiara berada di lantai dua ditata dengan konsep tradisional modern. Menu makanan di sini khusus western. Selain jam bukanya juga beda. Main Resto buka mulai 10.00 hingga pukul 22.00 WIB, sedangkan Agra Launge mulai pukul 17.00 – 23.00 WIB.

“Konsep resto tradisional dan back to nature dengan keunggulan semi out door karena udara di sini sejuk. Sirkulasi menyegarkan meski tanpa menggunakan AC,” jelasnya.

Salah satu keunggulan menu yang paling dicari pengunjung, lanjut Tiara, yakni gurami telur asin yang tersaji di Main Resto, dan menu Grilled Norwegian Salmon yang tersaji di Agra Launge. “Gurami telur asin menu paling dicari, rasa gurihnya beda dengan yang lain, dan tektur ikannya lebih empuk. Begitu juga dengan Grilled Norwegian Salmon rasanya ikannya ada manisnya dan lebih gurih,” jelasnya lagi.

Salmon Asli Norwegia
Keunggulan menu gurami telur asin hingga rasanya lebih gurih dan empuk karena proses pengolahan yang teruji. Menggunakan ikan gurami yang masih hidup sebelum diolah, dan sebelumnya dikondisikan dalam air mengalir selama tiga hari.

“Proses demikian menjadikan daging gurami tidak bau tanah, juga lebih empuk dan gurih. Selain itu khusus untuk menu ini kami mendatangkan telur asin asli dari Brebes,” ujar Executive Chef The Wujil Resort dan Conventions, Chef Toyo.

Proses pengolahan dan pemilihan bahan tersebut menjadikan cita rasa menu gurami telur asin banyak disukai. Rasanya juga lebih gurih karena diolah dengan bumbu dan rempah pilihan.

Sedangkan menu Grilled Norwegian Salmon memiliki rasa yang lebih dengan sajian semacam, karena ikan Salmon didatangkan langsung dari Norwegia. “Rasanya berbeda dengan ikan Salmon dari negara manapun. Ikan Salmon dari perairan Norwegia teksturnya lebih lembut, tidak amis, dan rasanya lebih gurih,” jelasnya. (muz)