Beranda Sekolah Hebat Opini Guru Metode CTL menjawab permasalahan di Geografi

Metode CTL menjawab permasalahan di Geografi

327
Purwahyu Lisningdyah, S.Pd Guru GEOGRAFI SMA NEGERI 1 BATURETNO
Purwahyu Lisningdyah, S.Pd Guru GEOGRAFI SMA NEGERI 1 BATURETNO

Masalah terbesar yang dihadapi peserta didik (siswa) adalah mereka belum bisa menghubungkan antara yang mereka pelajari dengan bagaimana pengetahuan itu akan digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Ini terjadi di siswa kita SMA NEGERI 1 BATURETNO, khususnya dalam pelajaran geografi. Seperti yang kita ketahui bahwa geografi adalah sebuah ilmu tentang bumi. Bumi yang kita tinggali yang memberikan apa yang kita minta, dan bumi juga tempat kita menaruh benda –benda yang tidak kita pakai yang di sebut dengan sampah. Hal tersebut bisa terjadi karena cara mereka memperoleh informasi dan motivasi diri yang belum tersentuh dengan metode yang betul- betul bisa membantu mereka. Para siswa kesulitan untuk memahami konsep- konsep akademis, seperti konsep dalam pembelajaran dalam geografi, karena metode mengajar yang kami pakai sebatas pada metode ceramah.

            Hal ini pastinya lain ketika kami menggunakan salah satu metode yang bisa lebih memperdayakan siswa dalam pendekatan kontekstual (Contextual Teaching and Learning) / CTL. Sehingga mereka tahu tentang apa yang mereka pelajari saat ini merguna bagi kehidupan mereka di masa yang akan dating yaitu saat mereka bermasyarakat atau pada saat di tempat kerja mereka kelak

CTL adalah sistem pembelajaran yang cocok dengan kinerja otak, untuk menyusun pola-pola yang mewujudkan makna, dengan cara menghubungkan antara materi yang mereka pelajari dengan situasi dunia yang nyata dan memotivasi mereka menghubungkan antara pengetahuan yang mereka miliki dengan penerapan dalam kehidupan mereka sebagai anggota masyarakat

 Dalam pembelajaran metode ini terjadi ketika siswa memproses informasi atau pengetahuan baru diserap kedalam benak mereka dan mereka mampu menghubungkan dengan kehidupan nyata yang ada di sekitar mereka. Hal ini bisa diterapkan dalam materi geografi kelas XI Semester 2 yaitu Mitigasi bencana alam ,dalam kesempatan ini kami berpendapat dengan metode pelajaran geografi yang kami gunakan berharap siswa mulai peduli dengan lingkungan,terutama menciptakan rasa peduli terhadap lingkungan sekitar. Misalnya dengan pembekalan  geografi yang ada dalam salah satu bab yang ada dalam geografi yaitu dalam bab mitigasi bencana. Dalam kesempatan ini kami akan mengangkat bencana alam yang disebabkan oleh ulah manusia yang menyebabkan bencana banjir dan pencemaran lingkungan.

Melalui apa yang kita lihat di kehidupan sehari- hari kita, yaitu dengan enaknya buang sampah sembarangan, sedikit orang yang sadar bahwa sampah merupakan sesuatu yang di angkap sepele tapi dampakanya luar biasa. Padahal jelas di mana-mana ditempatkan tempat sampah bahkan terdapat ragam tulisan agar sampah di tempatkan atau di buang di tempatnya. Maka dengan adanya pelajaran geografi diharapkan timbul karakter pada setiap siswa untuk lebih mencintai lingkungan dengan cara yang sederhana dengan membuang sampah pada tempatnya.

                        Maka dengan menggunkan metode CTL  diharapkan siswa dapat menghubungankan dan dapat menerapkan apa yang di dapat dikelas dengan dunia yang nyata yang ada pada lingungan mereka masing-masing.

Purwahyu Lisningdyah, S.Pd

Guru GEOGRAFI

SMA NEGERI 1 BATURETNO