Beranda Sekolah Hebat Opini Guru Metode Rumus Matematika Tingkatkan Pembelajaran IPA

Metode Rumus Matematika Tingkatkan Pembelajaran IPA

BERBAGI
Lies Mira Fitri Astuti,S.Pd Guru SMPN 1 Ngaringan Kabupaten Grobogan
Lies Mira Fitri Astuti,S.Pd Guru SMPN 1 Ngaringan Kabupaten Grobogan

GROBOGAN – Sejak dulu,Ilmu Pengetahuan Alam(IPA) adalah salah satu mata pelajaran (mapel) yang  dianggap sulit bagi kebanyakan siswa.Mungkin hampir keseluruhan siswa dalam suatu sekolah tidak begitu menyukai dengan pelajaran yang dianggap sangat sulit, selain matematikaitu.Apalagi untuk sekolah-sekolah yang berada di pinggiran kota.Rata- rata mereka tidak bersemangat bahkan malas saat ada pelajaran tersebut.Apalagi jika mereka merasa bapak atau ibu gurunya yang mengampu mata pelajaran tersebutagak galak atau kurang menarik dalam memberikan materi. Mereka akan cepat merasa bosan, terlebih lagi mata pelajaranlmu Pengetahuan Alam (IPA ), banyak sekali di jumpai rumus-rumus.Siswa juga merasa kurang bersemangat jika mulai mendapatkan materi IPA yang ada rumus-rumusnya.Hal itu dikarenakan  mereka menganggap pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA ) termasuk mata pelajaran(mapel) yang  sulit. Padahal  mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA ) termasuk salah satu mata pelajaranujian nasional (UN) di tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Mempelajari Ilmu Pengetahuan Alam (IPA),khususnya untuk memahami materi yang banyak terdapat rumus-rumusnya dapat  menggunakan metode rumus matematika.Cara ini, walaupun mungkin sangat sederhana bisa mempermudah siswa dalam memahami bahkan memungkinkan meningkatkan daya berpikir siswa sehingga bisa mengembangkan rumus tersebut.Bahkan  mungkin lebih efisienkarena siswa tidak perlu menghafalkan begitu banyak rumus-rumus, namun cukup  dengan pemahaman/menghafal satu rumus saja bisa mencari variabel lain yang ditanyakan.

Untuk persamaan sebanding suatu rumus misalnya,yaitu dengan memisalkan variabel-variabel yang terdapat dalam rumus tersebut dengan angka-angka yang berbeda tanpa merubah hasil/nilai persamaan tersebut.Suatu contoh,menghitung besarnya usaha(W).Usaha (W) merupakan hasil kali antara gaya(F) dengan jarak perpindahan(s).Dengan metode rumus matematika,variabel-variabel dalam rumus  tersebut diganti dengan angka-angka yang menggambarkan persamaan tersebut. Misalnya usaha (W) diganti dengan angka delapan,gaya (F) diganti dengan angka empat dan jarak perpindahan (s) diganti dengan   angka dua.Dengan pemisalan tersebut dapat dipahami  bahwa angka delapan didapat dari hasil perkalian antara angka empat dan angka dua.Selanjutnya dengan pemisalan  tersebut siswa akan mulai berpikir atau dengan menggunakan logikanya bahwa dari persamaan tersebut untuk mendapatkan angka empat adalah hasil bagi antara angka delapan dengan angka dua,dan untuk mendapatkan angka dua adalah hasil bagi antara angka delapan dengan angka empat.

Dengan pemahaman itu pula siswa mulai dapat meningkatkan daya pikirnya,mengembangakan rumus tersebut.Maka di dapat hasil pengembangan rumus bahwa untuk mencari besarnya/ nilai variabel gaya (F) adalah hasil bagi antara usaha(W) dengan jarak perpindahan (s). Dan untuk mencari besarnya/nilai variabel jarak perpindahan (s), adalah hasil bagi antara usaha (W) dengan gaya (F).Jika cara sederhana ini dibiasakan dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA ), tidak menutup kemungkinan akan banyak siswa yang merasa mudah memahami suatu rumus, dengan begitu mereka semakin menyukai mata pelajaran IPA. Jika rasa suka sudah tertanam maka mereka tentu akan meningkatkan semangatnya dalam mempelajari  mata pelajaran IPA.Untuk itu, guru maple IPA perlu menerapkan metode tersebut dalam pembelajaran. JIka ini dilakukan, maka diyakini IPA akan disukai siswa. Bahkan nilai IPA akan melejit naik.

Lies Mira Fitri Astuti,S.Pd

Guru SMPN 1 Ngaringan Kabupaten Grobogan

BERBAGI