Beranda Sekolah Hebat Opini Guru Mind Mapping Tingkatkan Hasil Belajar IPS

Mind Mapping Tingkatkan Hasil Belajar IPS

280
Mujiharti, S.Pd., M.Pd. Guru SDN 3 Protomulyo Kec. Kaliwungu Selatan Kabupaten Kendal

Mata pelajaran IPS mengacu  pada aspek kehidupan nyata peserta didik sesuai dengan karakteristik usia, tingkat  perkembangan berpikir, dan kebiasaann  bersikap dan  berperilaku. Melalui mata pelajaran IPS peserta didik diharapkan dapat membekali pengetahuan dan wawasan  tentang   konsep dasar ilmu sosial dan memiliki kepekaan dan kesadaran terhadap masalah sosial di lingkungannya serta mampu memecahkan masalah sosial dengan baik.

Menurut Sapriya, dkk (2006: 3) menjelaskan IPS merupakan perpaduan dari pilihan konsep ilmu-ilmu sosial seperti sejarah, geografi, ekonomi, antropologi, budaya, dan sebagainya yang diperuntukkan sebagai pembelajaran pada tingkat persekolahan.

 Guru  telah melakukan berbagai upaya untuk  meningkatkan  hasil  belajar IPS melalui  pemanfaatan  metode  dan  media  pembelajaran    yang  variatif, namun  belum memperoleh  hasil    yang  diharapkan. Terbukti hasil ulangan  akhir semester IPS yang diperoleh siswa kelas VIB SD Negeri 1 Plantaran tahun  pelajaran  2017/2018 rata-rata 57,04  dengan  KKM  70. Melihat prestasi  belajar IPS yang masih   rendah  pada siswa kelas  VIB SD Negeri 1 Plantaran  Kecamatan  Kaliwungu  Selatan  Kabupaten  Kendal Tahun  Pelajaran  2017/2018, maka  penulis  berusaha untuk menerapkan model pembelajaran mind mapping dalam pembelajaran IPS agar pembelajaran lebih aktif, inovatif, kreatif, efektif dan  menyenangkan. Model  mind mapping merupakan salah satu alternatif. Mind mapping menurut Huda (2013: 307) mind mapping merupakan strategi ideal untuk melejitkan pemikiran siswa. Langkah-langkah pembelajaran mind mapping sebagai berikut: guru menyampaikan kompetensi yang ingin di capai, guru mengemukakan permasalahan yang akan di tanggapi peserta didik dan permasalahan mempunyai alternatif jawaban, membentuk kelompok yang anggotanya masing-masing 2-3 orang, letakkan gagasan di tengah-tengah halaman kertas, gunakan garis/ tanda panah/ cabang-cabang / warna yang berbeda-beda menunjukkan garis hubungan, setiap kelompok mengiventarisasi dan mencatat  alternatif jawaban hasil diskusi, setiap kelompok membacakan hasil diskusinya.

Atas dasar pemikiran tersebut maka dapat dirumuskan permasalahan dalam penelitian ini yaitu : 1) Apakah melalui model pembelajaran Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar IPS tentang  gejala alam yang terjadi di Indonesia dan negara tetangga pada siswa kelas  VIB SD  Negeri  1  Plantaran   Kecamatan  Kaliwungu  Selatan Kabupaten Kendal Semester II tahun  pelajaran  2017/2018? 2) Bagaimana langkah-langkah penerapan model pembelajaran mind mapping dalam meningkatkan proses pembelajaran IPS pada siswa kelas  VIB SD  Negeri  1  Plantaran   Kecamatan  Kaliwungu  Selatan Kabupaten Kendal Semester II  tahun  pelajaran  2017/2018?

Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa terdapat peningkatan proses pembelajaran dan hasil belajar IPS dengan materi gejala alam yang terjadi di Indonesia dan negara-negara tetangga melalui pembelajaran mind mapping. Hal tersebut diindikasikan dari hasil belajar siklus I  sebesar 68,8 dengan ketuntasan belajar individu  64% meningkat 75,2 dengan ketuntasan belajar individu 76% pada siklus II, dan meningkat lagi menjadi 81,2 dengaan ketuntasan belajar indibvidu 88% pada siklus III.

        Simpulan  dari penelitian ini adalah : 1)Melalui model pembelajaran mind mapping dapat meningkatkan hasil belajar IPS. Hal  tersebut dapat diindikasikan dari peningkatan rata-rata hasil belajar siswa siklus I sebesar 68,8 dengan ketuntasan individu 64% meningkat menjadi 75,2 dengan ketuntasan belajar individu mencapai 76% pada siklus II, dan pada siklus III meningkat, menjadi 81,2 dengan ketuntasan individu mencapai 88%. 2)Terdapat peningkatan proses pembelajaran IPS yang diindikasikan dari hasil observasi sebesar 92,30 sesuai dengan langkah-langkah penerapan model mind mapping.

Hasil belajar IPS meningkat dengan model pembelajaran  mind mapping

Mujiharti, S.Pd., M.Pd.

Guru SDN 3  Protomulyo

Kec. Kaliwungu Selatan  Kabupaten Kendal