Beranda Jateng Mohammad Toha: Berserikat Juga Berperan Menjaga NKRI

Mohammad Toha: Berserikat Juga Berperan Menjaga NKRI

BERBAGI
Sosdapil Mohammad Toha, anggota DPRRI dapil V Jateng menyampaikan tentang NKRI Harga Mati dalam menjalankan hak asasi manusia. Foto: ade ujianingsih/jatengpos

JATENGPOS.CO.ID. SUKOHARJO– Banyak masyarakat yang belum memahami hak asasi yang dimiliki masing-masing rakyat Indonesia, yang didalamnya tertuang dan dilindungi UUD 45. Diantaranya adalah hak hidup, hak memiliki keluarga/keturunan, hak kepastian hukum, hak kesejahteraan dan hak berpendapat menentukan keyakinan atau agama termasuk hak berserikat berkumpul.

“Banyak cara yang bisa dilakukan masyarakat untuk menjaga NKRI, pergunakan hak hak kita, karena sudah diatur dan dilindungi dengan undang undang. Salah satunya melalui hak untuk menentukan sikap baik itu sikap dalam agama dan keyakinan juga sikap berserikat dan berkumpul. Jadi dengan ikut berorganisasi, ber-NU, maupun ber-PKB itu juga termasuk dalam upaya menjaga NKRI,” tandas Mohammad Toha, Anggota DPR RI dari Fraksi PKB, dalam acara sosialisasi daerah pemilihan (Sosdapil) yang digelar di rumahnya di desa Kepuh, Nguter, Sukoharjo, Minggu (25/2).

Ditegaskan Toha, semua organisasi di Indonesia memiliki dasar Pancasila dan UUD 45, jadi bisa menjadi dasar bahwa kecintaan pada NKRI juga muncul saat warga aktif berorganisasi.

“Seluruh warga Indonesia dilindungi hak asasinya, dan pergunakan itu untuk menjaga NKRI. Saat ini kami sampaikan pada para kader PKB, NU dan semua organisasi untuk tetap menjaga NKRI dan menyebarkan nilai nilai Pancasila dalam masyarakat,” tandas Toha.

Seperti sudah menjadi kewajiban bagi anggota DPRRI untuk melakukan sosialisasi empat pilar kebangsaan, yakni Pancasila, UUD 45, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI, agar kemudian bisa diteruskan dan menjadikan nilai Pancasila sebagai upaya untuk penguatan NKRI.

Selain penguatan empat pilar kebangsaan, dalam setiap kesempatan bertemu warga, Toha juga menyampaikan sejumlah program pemerintah.

Sebelumnya, Toha yang duduk di komisi III DPRRI juga sempat melakukan sejumlah kunjungan kerja di instansi penegak hukum, seperti Kepolisian, Kejaksaan dan Pengadilan, di wilayah Dapil V Jateng, yakni Solo, Sukoharjo, Boyolali dan Klaten. (dea/muz)

BERBAGI