Beranda Jateng Moratorium Tol Tak Berdampak Pekerjaan Proyek Tol Trans Jawa

Moratorium Tol Tak Berdampak Pekerjaan Proyek Tol Trans Jawa

BERBAGI

JATENGPOS.CO.ID,-KENDAL – Pasca terjadinya kecelakaan konstruksi pembangunan jalan tol di Becakayu Jakarta Timur, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menghentikan sementara proyek jalan layang (elevated) di seluruh Indonesia.

Begitu ada putusan itu, saat ini proyek pembangunan jalan tol khususnya pembuatan jalan layang turut berhenti. Seperti yang ada di wilayah Gringsing perbatasan Batang-Kendal aktifitas pengerjaan jalan tol yang biasa terjadi sejak pagi hari, kini tidak nampak sama sekali.

Sumanta (42) salah seorang pekerja proyek ini mengatakan bahwa dirinya saat ini diliburkan hingga waktu yang tidak diketahui. Informasi libur diberitahukan langsung dari mandor. Padahal dirinya sedang dalam proses mengerjakan kerangka Pelkep pada jembatan tol Batang-Semarang.

“Saat ini kami diliburkan sementara, setelah tadi mendapat telphone dari mandor, terkait apa saya tidak begitu paham. Padahal, kami bersama rekan pekerja lainnya harus memasang dan mengerjakan kerangka Pelkep pada jembatan Tol,” katanya, Rabu (21/2).

Setidaknya ada lebih dari 10 pekerja di satu titik pengerjaan saat itu harus kembali lagi dan tidak melanjutkan kegiatan pembangunan. Bahkan, secara keseluruhan mereka para pekerja ini juga tidak mengetahui apakah ada hubungannya dengan putusan dari Menteri.

Saat ini di lapangan khususnya yang ada di Gringsing Batang telah selesai salah satu pembuatan tiang penyangga serta pilar penyangga girder. Tinggal hanya tersisa proses finising, namun penggarapan di sisi satunya masih dalam tahap perangkaian kerangka besi.

Lain halnya, Danu salah seorang mandor pekerjaan jalan tol Semarang-Batang Seksi 1 –II pada PT Waskita Karya, justru mengatakan saat ini pekerjaan tetap jalan terus. Sebab masih dalam tahap pekerjaan bawah seperti pemadatan tanah dan pembuatan pondasi penyangga balok jalan layang.

“Pekerjaan tetap jalan terus, sebab masih dalam pengerjaan bagian bawah, seperti pondasi penyangga jalan layang. Sementara ada beberapa jembatan layang  yang sudah dipasang dan sudah selesai dikerjakan. Namun untuk jalan tol seksi I-II pekerjaan tetap jalan terus,” terangnya.

Danu menambahkan seperti pada gambar jembatan Kalikuto Gringsing Batang saat ini masih dalam tahap pembuatan pondasi. “Pekerjaan tetap jalan terus, sebab pembuatan pondasi merupakan pekerjaan bawah yang nantinya akan dipasang girder,” imbuhnya. (via/drh)