Beranda Semarang Mulai Jumat Truk Angkutan Berat Dilarang Beroperasi

Mulai Jumat Truk Angkutan Berat Dilarang Beroperasi

BERBAGI

JATENGPOS.CO.ID. UNGARAN- Mulai Jumat (22/12) pukul 00.00 hingga Minggu (25/12) pukul 24.00 truk angkutan berat dilarang beroperasi, terkecuali truk angkutan BBM, susu, dan bahan makanan. Pemberlakuan juga dilaksanakan pada Jumat (29/12) hingga (1/1). Hal ini mengacu surat edaran Direktorat Perhubungan Darat Kementrian Perhubungan.

“Truk dilarang beroperasi di jalan raya dulu, untuk kelancaran lalu lintas selama perayaan Natal dan libur sekolah ini,” kata Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Semarang, Prayitno Sudaryanto di Ungaran, Rabu (20/12).

Larangan beroperasi ini mengingat perkiraan intensitas lalu lintas yang akan tinggi pada hari Natal dan libur sekolah ini. Maka dari itu diperlukan pengelolaan dan rekayasa lalu lintas, agar tidak mengalami penumpukan di berbagai titik rawan macet.

Dinas Perhubungan juga mempersiapkan berbagai peralatan untuk membantu kelancaran lalu lintas. Seperti pengawasan lalu lintas melalui CCTV yang telah terpasang di berbagai titik rawan macet. “Serta mempersiapkan mobil derek yang kami tempatkan di berbagai tittik,” ujar Prayitno.

Jajarannya dan Satlantas Polres Semarang akan melakukan pengawasan larangan truk beroperasi ini. Agar tercipta lalu lintas yang lancar dan aman.

Wakapolres Semarang, Kompol Cahyo Widiatmoko menyatakan jajarannya telah melakukan pengecekan personil dan peralatan untuk pengamanan Natal dan Tahun Baru. Beberapa titik rawan kemacetan dan lokasi wisata juga akan disiagakan personil polisi.

“Agar jika ada sesuatu dapat segera ditangani, misalnya jika terjadi kemacetan akan kami lakukan rekayasa lalu lintas yang sifatnya fleksibel, hal ini telah kami rencanakan,” pungkasnya.

Wakapolres juga menghimbau agar masyarakat saat menggunakan kendaraan lebih berhati-hati mengingat cuaca saat ini tidak menentu, kadang hujan kadang terang. “Lakukan pengecekan kendaraan sebelum bepergian dan lebih berhati-hati saat berkendara dijalan,” ujarnya. (dni/muz)

BERBAGI