Beranda Jateng Nanti Malam Debat Terbuka Kedua Pilgub Jateng Diadakan di Sukoharjo

Nanti Malam Debat Terbuka Kedua Pilgub Jateng Diadakan di Sukoharjo

409
DOK/YOUTUBE

JATENGPOS.CO.ID. SUKOHARJO- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Tengah menggelar debat terbuka kedua Pemilihan Gubernur Jawa Tengah 2018 akan dilaksanakan di Hotel Best Western Solobaru Kabupaten Sukoharjo, pada Kamis (3/5) malam.

“Pada debat terbuka kedua Pilgub Jateng 2018 ini, rencana dimulai pukul 19.00 WIB hingga pukul 21.30 WIB dengan tema ‘Pelayanan Publik dan Perekonomian’,” kata Diana Ariyanti anggota KPU Jateng Bidang Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat, di Solobaru Sukoharjo, Rabu (2/5).

Menurut Diana Ariyanti pada acara debat terbuka Pilgub Jateng akan disiarkan langsung dua televisi swasta nasional. Tamu undangan yang akan sebanyak 450 orang antara lain 100 orang pendukung masing-masing pasangan calon, para kepala daerah 35 kabupaten/kota, KPU kabupaten/kota, dan tamu undangan lain.

“Pada debat pertama di Semarang masing-masing pendukung pasangan calon 125 orang, tetapi yang kedua ini, dikurangi menjadi 100 orang agar lebih tertib,” kata Diana Ariyanti.

Diana mengatakan KPU menggelar debat Pilgub Jateng tersebut sesuai aturan minimal tiga kali dilaksanakan, pertama di Semarang, kedua di Hotel Best Western Solobaru Sukoharjo, ketiga rencana dilaksanakan setelah Lebaran mendatang.

Menyinggung soal nonton bareng (Nonbar) debat pasangan calon gubernur dan wakil gubernur, Diana mengatakan KPU mendorong di 8.559 kelurahan/desa dan 573 kecamatan, 35 kabupaten/kota di Jateng pertama sebagai sarana edukasi terhadap 27 juta pemilih di wilayah.

Hal tersebut, kata Diana, agar para pemilih di Jateng tidak salah pilih pada tanggal 27 Juli 2018. Mereka mengetahui betul kapasitas dan kafabilitas calon gubernur dan wakil gubernur yang akan dipilih.

Selain itu, kata Diana, kedua membangun iklim sejuk dan baik di seluruh wilayah Jateng karena memang acara debat selain dihadiri calon dan pendukung pasangan calon 1 dan 2 juga dapat dilihat siaran langsung di dua televisi nasional.

“Soal fanelis, pada debat terbuka kedua dengan tema pelayanan publik dan perekonomian tidak bisa diinformasikan,” katanya.

Pada acara debat kedua Pilgub Jateng, kata dia, segmen pertama pemaparan dan penajaman visi misi calon gubernur dam wakil gubernur, segmen kedua tanya-jawab-tanggap pertanyaan dari panelis, segmen ketiga tanya-jawab-tanggap pertanyaan dari masyarakat.

Segmen keempat tanya-jawab-tanggap antar calon gubernur, kelima tanya-jawab-tanggap antara cawagub, dan keenam penutup statement. (dea/udi/muz)