Beranda Hukum & Kriminal Nekat Bobol Dua Rumah Tetangganya Dicokok Polisi

Nekat Bobol Dua Rumah Tetangganya Dicokok Polisi

BERBAGI
Ilustrasi.

JATENGPOS.CO.ID, BOYOLALI — Seorang pencuri tertangkap, saat membobol rumah warga di Karanggede, Boyolali. Tersangka nekat mencuri di dua rumah tetangganya dengan dalih terlilit hutang.

Tersangka bernama Hartanto (30) warga Dukuh Tempel, Desa Sempulur, Kecamatan Karanggede. Dia mencuri di rumah Ichsanudin (34) dan Sulistyo (36), keduanya warga Dukuh Kadirejo RT 01/02 Desa Sempulur.

Dalam aksi di dua rumah korban tersebut, tersangka berhasil mendapatkan dua unit telepon seluler. Namun apes baginya, saat membobol rumah Ichsanudin, dia tertangkap. Hartanto pun digelandang ke Mapolsek Karanggede untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya.

Kapolres Boyolali AKBP Aries Andhi melalui Kapolsek Karanggede AKP Agung Raharjo mengatakan, kasus pencurian itu terjadi pada Kamis (23/11) dini hari, sekitar pukul 02.30 WIB. “Tersangka masuk ke rumah korban melalui pintu dapur,” kata AKP Agung Raharjo, Jumat (24/11).

Dijelaskan, tersangka tertangkap saat beraksi di rumah Ichsanudin. Dini hari tersebut, korban terbangun dari tidurnya setelah mendengar ada suara benda jatuh di ruang dapur rumahnya. Korban bangun dan mendatangi arah suara, namun di dapur tidak ditemukan apa-apa.

Kemudian korban mengecek ke ruangan lainnya. Korban juga melihat kondisi di depan rumah dan melihat ada orang yang mencurigakan. “Korban langsung menangkap pria tersebut (tersangka),” terangnya.

Korban juga berteriak minta tolong kepada tetangganya. Saksi Jumingan (50), warga sekitar langsung datang dan ikut menangkap tersangka. Saat digeledah ditemukan dua unit Ponsel, yakni merek Mitto dan Oppo.

Tersangka mengaku, sebelum mencuri di rumah Ichsanudin juga mencuri di rumah Sulistyo.

Kejadian itu kemudian dilaporkan ke Polsek Karanggede. Petugas pun segera datang ke lokasi kejadian dan mengamankan tersangka.

Atas perbuatanya itu, tersangka yang bekerja sebagai buruh itu bakal dikenai Pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan (Curat). (aji/saf)