Beranda Sekolah Hebat Opini Guru OH RATS Mudahkan Siswa Pahami Pelajaran Bahasa Indonesia

OH RATS Mudahkan Siswa Pahami Pelajaran Bahasa Indonesia

48
BERBAGI
LUKMAN MAULANA, S.Pd_GURU BAHASA INDONESIA SMA N 1 BOJA
LUKMAN MAULANA, S.Pd_GURU BAHASA INDONESIA SMA N 1 BOJA

JATENGPOS.COI.ID, – Salah satu tolo ukur keberhasilan proses pembelajaran adalah ketercapaian hasil belajar dan perubahan sikap atau perilaku peserta didik menjadi lebih baik. Sebagaimana tertuang dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 23 Tahun 2006 menyatakan bahwa tujuan pendidikan dasar, yaitu meletakkan dasar kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut. Jelas sebagai pendidik mempunyai tugas dan kewajiban untuk senantiasa mencerdaskan putra bangsa melalui pembelajaran mata pelajaran masing-masing. Begitu pula melalui pembelajaran bahasa Indonesia sangat diharapkan dapat menghantarkan peserta didik mencapai pada kepribadian yang cerdas, akhlak mulia dan trampil.

                Namun demikian masih banyak dikeluhkan para pendidik secara umum bahwasanya tujuan pembelajaran belum berhasil secara signifikan mengingat masih banyak peserta didik yang memperoleh hasil belajar dibawah standar penilaian pada saat kompetensi dasar diujikan. Oleh karena perlu melakukan proses pembaharuan pembelelajaran dengan mengetahui gaya belajar peserta didik. Sehingga terjadi kesesuaian antara pendidik ketika mengajar dengan menekankan pada gaya belajar peserta didik. Maka diharapkan dengan adanya perubahan model pembelajaran akan berdampak positif terhadap perkembangan hasil belajarnya.

                Dalam memahami kompetensi teks cerita sejarah pada pelajaran bahasa Indonesia untuk jenjang menengah peserta didik terbantu dengan model pembelajaran OH RATS (Overview, Headings, Read, Answer, Test-Study). Pembaharuan model yang dipilih pendidik ini mampu memahamkan peserta didik dalam memahami struktur dan kaidah teks cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel baik melalui lisan maupun tulisan dan menganalisis teks cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel baik melalui lisan maupun tulisan. Sehingga peserta didik mampu menginterpretasi makna teks cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel baik secara lisan maupun tulisan bahkan mampu sampai pada tahap memproduksi teks cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel yang koheren sesuai dengan karakteristik teks.

                Adapun model OH RATS (Overview, Headings, Read, Answer, Test-Study) ini cocok untuk siswa yang belajar menulis catatan berdasarkan pada apa yang dibaca dan apa yang diamati. ModelOH RATS ini mempunyai 5 tahapan yakni 1) tahap overview,  dalam rangka mengembangkan tahap overview untuk membaca, peserta didik diharuskan menentukan tipe teks yang akan muncul misal dalam pelajaran bahasa Indonesia ada teks cerita sejarah”Gema Indonesia Raya di Tianhe” sebagai stimulusnya.. Kemudian 2) tahap headings, mintalah peserta didik untuk mengunakan buku catatan hanya untuk satu tujuan. Pada bagian awal setiap halaman tersendiri, mintalah peserta didik untuk menulis jdul dan nomor halaman dan melipat tiap-tiap kertas. 3) tahap read, pada tahap ini mintalah peserta didik untuk membaca teks secara keseluruhan dengan teknik membaca dalam hati. 4) tahap answer, pada tahap ini mintalah peserta didik untuk menentukan informasi yang tepat dan tempatkan di kolom kanan dari halaman lipat. 5) tahap test study, mintalah peserta didik untuk mengunakan catatan yang  mereka buat untuk melengkapi review akhir mereka. Dengan catatan mereka pada halaman yang dilipat setengahnya, mintalah peserta didik membaca pertanyaan pada setia bagian dan mencoba untuk menjawab tanpa melihat teks yang ada di sebelah kanan.

Melalui 5 (lima) tahapan pada model OH RATS ini dapat memudahkan pemahaman peserta didikdalam memahami kompetensi teks cerita sejarah. Maka bagi guru bahasa Indonesia dapat menggunakan model OH RATS ini sebagai salah satu alternatif pembelajaran dikelas.

LUKMAN MAULANA, S.Pd_GURU BAHASA INDONESIA  SMA N 1 BOJA

BERBAGI