Beranda Travelling Hotel Okupansi Stabil Berkat Inovasi Pelayanan

Okupansi Stabil Berkat Inovasi Pelayanan

210

JATENGPOS.CO.ID, SEMARANG  – HA-KA Hotel Semarang tetap mampu bertahan di tengah pandemi Covid-19. Bahkan, nyaris tidak merasakan dampak penurunan pengembangan bisnis, berkat semangat yang dibalut inovasi ragam pelayanan.

HA-KA Hotel Semarang mampu memberikan pelayanan maksimal dengan membangkitkan angka tingkat hunian (okupansi).

Dedy Sumardi General Manager HA-KA hotel semarang, mengatakan, sejak terjadinya pandemi covid-19 sekira enam bulan lalu. Selama itu pula hotel yang dikelolanya, tidak tutup dan tidak memberhentikan karyawan, termasuk karyawan kontrak.

“Kami tetap optimis dan semangat, meski isu pandemi covid-19 tersebut benar-benar terjadi di Indonesia. Berbekal dukungan dari seluruh sumber daya manusia mumpuni serta ragam inovasi pelayanan sejak terjadinya pandemi. HA-KA Hotel Semarang, mampu bertahan dan stabil dalam menjalankan roda bisnis salah satu industri pariwisata,” ujarnya, kemarin.

Lanjut Dedy Sumardi, tidak dipungkiri, penurunan pendapatan juga sempat dialami HA-KA Hotel Semarang. Tetapi, konsistensi yang dibentuk oleh manajemen dengan memberikan pelayanan maksimal sesuai dengan standar protkes covid-19, HA-KA Hotel Semarang mampu bertahan.

“Konsistensi dan komitmen yang kami bangun sejak adanya pandemi, mampu memberikan efek positif untuk tetap bertahan, bahkan menjadi salah satu tempat inap yang banyak didatangi masyarakat dalam keperluan bisnis,” imbuhnya, belum lama ini.

Dari 90 kamar dari beragam tipe yakni superior, deluxe, executive. Tingkat hunian HA-KA Hotel Semarang, selama masa pandemi mampu menarik minat tamu menginap diangka 60 persen dari jumlah kamar yang tersedia.

“Rata-rata okupansi kami di angka 60 persen selama adanya pandemi. Bahkan, saat libur panjang Idul Adha 1441 H lalu, kami mampu meraih angka okupansi sebesar 90 persen dari ketersedian kamar. Keberhasilan tersebut, tak lepas dari semangat karyawan yang dibekali pelatihan khusus tentang pelayanan hotel ditengah pandemi,” terangnya.

Edukasi karyawan melalui pelatihan panduan standar covid 19 kemenpar RI dan pelatihan Petunjuk Fasilitas Pelayanan Hotel internal dari manajeman, merupakan bagian utama kesuksesan HA-KA Hotel Semarang dalam pengembangan okupansi ditengah pandemi.

Ke depan, HA-KA Hotel Semarang yang terletak ditengah Kota yakni Jalan Ahmad Yani No.173 Semarang, akan terus memberikan inovasi pelayanan tingkat hunian khususnya pendapatan MICE yang kini belum mampu maksimal dikarenakan adanya peraturan pembatasan kegiatan berbasis massa. (ucl/muz)