Beranda Travelling Wisata Pagi Ini, Jokowi dan Arief Yahya Hadiri Peresmian KA Bandara

Pagi Ini, Jokowi dan Arief Yahya Hadiri Peresmian KA Bandara

226

JAKARTA- Menteri Pariwisata Arief Yahya menghadiri acara  Peresmian Pengoperasian Kereta (KA) Bandara Internasional Soekarno-Hatta oleh Presiden Joko Widodo (Tangerang, Banten, 2 Januari 2018).

KA Bandara Internasional Soekarno-Hatta memiliki total 10 rangkaian yang berkapasitas penumpang secara keseluruhan yaitu sekitar 272 orang. Beroperasi dengan rencana operasional yaitu 03.21 s/d 22.51 WIB setiap harinya dengan total 42 perjalanan pp dengan durasi perjalanan yang ditempuh sekitar *55 menit.*

Kementerian Perhubungan telah menetapkan dan memberlakukan tarif promo mulai dari 26 Desember 2017 s/d 1 Januari 2018 dengan harga sebesar Rp 30.000. Namun terhitung mulai 2 Januari 2018 akan berlaku tarif normal sebesar Rp 70.000.  Dimana nantinya tarif tersebut berlaku untuk seluruh stasiun yang melayani tujuan Stasiun Bandara Internasional Soekarno-Hatta dengan sistem pembayaran _cashless_ (non tunai).

Rute KA Bandara Internasional Soekarno-Hatta akan melewati Stasiun Manggarai – Stasiun Sudirman baru (BNI City) – Stasiun Duri – Stasiun Batu Ceper – Stasiun Soekarno-Hatta  Dan begitupun sebaliknya dari arah bandara. Namun, untuk tahap awal KA bandara baru melayani naik turun penumpang dari 3 stasiun yaitu Stasiun Sudirman Baru (BNI City), Stasiun Batu Ceper dan Stasiun Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Fasilitas penunjang lainnya yang dapat dimanfaatkan penumpang untuk mobilitas perpindahan antar teminal setelah tiba di Stasiun Bandara Internasional Soekarno-Hatta yaitu adalah Sky Train atau Kereta Layang (KALAYANG).

Sky Train atau KALAYANG di Bandara Internasional Soekarno-Hatta  beroperasi selama 20 jam sehari mulai pukul 04.27 – 00.17 WIB.  Dimana waktu tersebut menyesuaikan dengan jadwal kedatangan KA bandara di Stasiun Bandara Internasional Soekarno-Hatta dan 4 jam sisanya dialokasikan untuk daily maintenance dan istirahat.

Dengan adanya interkoneksi antara Kereta Bandara dan kereta layang ini penumpang dapat menjadwalkan keberangkatan mereka ke bandara dengan lebih baik dan tepat sehubungan dengan ketepatan jadwal dan kepastian waktu yg diberikan. Sehingga dengan adanya kedua fasilitas yg telah terintegrasi dengan baik ini maka _connecting time_ dari dan menuju serta didalam Bandara Soekarno-Hatta dapat menjadi lebih efektif dan efisien.

Bandara International Soekarno-Hatta yang menjadi beranda Pariwisata Indonesia akan memberikan kesan yang baik bagi para wisatawan yang baru datang atau yang akan pergi. (*/jan)